Waktu Tempuh Perjalanan Kereta Api Jadi Lebih Cepat Mulai Juni, Cek KA Favoritmu Ikut Berubah Jadwal?

- 5 Mei 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi Kereta Api
Ilustrasi Kereta Api /PRFM

PRFMNEWS – PT KAI (Persero) akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru tahun 2023 yang berpengaruh pada perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan.

Penerapan Gapeka baru 2023 ini akan membuat waktu tempuh atau lama perjalanan sejumlah kereta api jarak jauh berubah menjadi lebih cepat.

Waktu tempuh perjalanan beberapa kereta api (KA) menjadi lebih singkat dengan diberlakukannya Gapeka 2023 diumumkan PT KAI melalui keterangan tertulis di laman resmi perusahaan.

Baca Juga: Edarkan Narkoba, Satpam hingga Ibu Rumah Tangga Ditangkap Polisi di 9 Wilayah Kota Bandung

PT KAI menyatakan Gapeka 2023 pengganti Gapeka 2021 yang akan menjadikan lama waktu perjalanan beberapa KA jadi lebih cepat mulai diberlakukan pada 1 Juni 2023.

Terdapat berbagai faktor alasan yang melatarbelakangi perubahan Gapeka sehingga perjalanan beberapa KA menjadi lebih cepat.

Faktor ini antara lain, adanya jalur ganda yang dibangun oleh Kemenhub seperti di lintas Gedebage - Haurpugur, pengoperasian lintas double-double track (DDT) Cakung - Bekasi.

Baca Juga: Warga Rancamanyar Minta Polresta Bandung Dirikan Pos Polisi Demi Urai Macet serta Berantas Miras dan Narkoba

Kemudian, peningkatan kecepatan prasarana di berbagai lintas hingga 120 km/jam, perubahan sistem persinyalan, serta pengoperasian BH 1120 lintas Bumiayu - Linggapura.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x