Ketua DPRD Desak Buka Permanen Exit Tol 149 Gedebage

- 28 April 2023, 14:48 WIB
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan ingin Exit Tol KM149 Gedebage dibuka permanen.
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan ingin Exit Tol KM149 Gedebage dibuka permanen. /DPRD Kota Bandung.

 

PRFMNEWS - Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, serta Jasa Marga agar akses tol KM 149 Gedebage segera dipermanenkan.

Menurut Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu, akses tol KM 149 keberadaannya sangat dinantikan oleh para pengguna jalan. Selain itu, Tedy pun menilai perlu adanya pelebaran jalan di ruas jalan Gedebage Selatan dan Cimincrang secara bertahap sebagai penunjang bila akses gerbang tol 149 resmi dipermanenkan.

"Sudah 6 tahun masyarakat menantikan agar akses tol KM 149 ini aktif. Setelah kemarin dibuka secara fungsional dan terbatas tentunya kami dari DPRD mendesak kepada PUPR dan BMPR Provinsi Jawa Barat agar akses Gerbang Tol Gedebage ini segera dipermanenkan. Mudah-mudahan bila akses GT 149 dibuka ruas jalan di Gedebage Selatan dan Cimincrang juga dapat diperluas secara bertahap agar bisa menunjang mobilitas masyarakat yang keluar masuk GT 149 maupun akses dari arah dan menuju Gedebage," kata Tedy, Jumat, 28 April 2023 saat dihubungi PRFM.

Baca Juga: Tedy Rusmawan Respon Positif Rencana Angkutan Massal di Bandung Raya

Selain mengurangi kepadatan di ruas tol Buah Batu dan tol Cileunyi, Tedy menilai akses tol KM 149 ini pun dapat mengurangi kepadatan yang kerap terjadi di kawasan Gedebage. Terutama bagi kendaraan-kendaraan kecil yang menuju ke Masjid Raya Al Jabbar.

"Kehadiran GT Gedebage ini nampaknya dapat mengurangi penumpukan yang sering kita lihat di GT Buah Batu maupun GT Cileunyi. Apalagi di Gedebage akhir-akhir ini kerap terjadi kedapatan pasca pembukaan Masjid Raya Al Jabbar. Aktivasi exit tol 149 ini dapat memperlancar kendaraan-kendaraan kecil yang menuju masjid Raya Al Jabbar. Semoga dengan upaya ini akses masyarakat dapat terbantu," tambahnya.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Diduga Sebabkan Banjir, Warga Rancasari Lapor DPRD Kota Bandung

Sebelumnya, PUPR, BMPR Provinsi Jawa Barat serta Jasa Marga sepakat untuk mengoprasikan akses masuk dan keluar untuk kendraan golongan 1 non bus di Gerbang Tol KM 149 secara fungsional pada 20 sampai dengan 29 April 2023 pukul 07.00-17.00 WIB.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x