BMKG Ungkap Penyebab Cuaca di Bandung Terasa Lebih Panas Menyengat di Siang Tapi Potensi Hujan di Sore

- 26 April 2023, 09:55 WIB
Ilustrasi cuaca
Ilustrasi cuaca /PRFM


PRFMNEWS – BMKG menyatakan faktor penyebab kenapa suhu di wilayah Bandung dan sekitarnya terasa lebih panas terik dari biasanya terjadi bukan karena adanya gelombang panas.

Meski terasa lebih panas menyengat ke kulit, BMKG menyatakan suhu di Kota Bandung beberapa hari terakhir maksimum masih berada di kisaran 29 sampai 30,4 derajat Celcius.

Staf Data dan Informasi BMKG Bandung, Yuni Yulianti mengatakan suhu maksimum di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada beberapa hari terakhir tercatat di 25–26,2 derajat Celcius.

Baca Juga: Hati-hati Fenomena Sinar UV Ekstrem Terjadi Hari Ini, BMKG: Gunakan Tabir Surya

“Masih dalam kategori normal, sejauh ini tidak terlalu signifikan," ujar Yuni, Selasa 25 April 2023.

Lalu jika bukan karena fenomena gelombang panas seperti yang saat ini tengah melanda sejumlah kawasan Asia, apa faktor penyebab suhu di Bandung lebih menyengat?

Yuni menyampaikan ada beberapa faktor yang membuat suhu Kota Bandung terasa lebih panas menyengat namun masih berpotensi turun hujan.

Baca Juga: Kemenkes Taiwan Ungkap Mie Instan dari Indonesia dan Malaysia dapat Memicu Kanker

Faktor itu antara lain, Indonesia saat ini akan masuk musim kemarau, tutupan awan berkurang sehingga intensitas radiasi matahari lebih maksimum dan dinamika atmosfer yang tidak biasa.

"Terkait musim ini masih dalam periode masa transisi di Bandung, jadi peralihan musim hujan ke kemarau. Lalu, tutupan awan berkurang sehingga aktivitas gelombang matahari optimal 24-31⁰C. Saat ini rata-rata suhu di Kota Bandung 30,6 derajat. Masih ambang normal meski sudah masuk di indikator maksimal," paparnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x