BMKG Prediksi Kemarau di Sebagian Wilayah Indonesia Tiba Lebih Awal 17 Persen pada April dan Lebih Kering

- 7 Maret 2023, 08:30 WIB
Ilustrasi kekeringan di musim kemarau.
Ilustrasi kekeringan di musim kemarau. /Pixabay/ Jose Antonio Alba /

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim kemarau di Indonesia akan terjadi pada April 2023. Sehingga bulan Maret, April dan Mei masuk pada musim pancaroba.

"BMKG memprediksi awal musim kemarau terjadi pada bulan April 2023 yang akan dimulai dari wilayah Nusa Tenggara dan Bali. Lalu disusul wilayah Jawa, kemudian terjadi berkembang hampir di seluruh hampir wilayah Indonesia pada periode Mei-Agustus 2023," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dari total 699 zona musim di Indonesia, sebanyak 119 zona musim atau 17 persen diprediksi akan memasuki musim kemarau pada April 2023, meliputi di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa Timur.

Baca Juga: Cuaca Dingin hingga Hujan Angin Landa Bandung di Februari, Terjadi Sampai Bulan Puasa? Begini Kata BMKG

Sebanyak 156 zona musim atau 22,3 persen wilayah akan memasuki musim kemarau pada Mei 2023, adalah sebagian besar Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian besar Jawa Barat, sebagian besar Banten sebagian Sumatera bagian selatan, dan Papua bagian selatan.

Sementara itu, yang akan memulai musim kemarau pada Juni adalah Jakarta, sebagian kecil Jawa, sebagian besar Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, sebagian besar Riau, sebagian besar Sumatera Barat, sebagian Kalimantan bagian selatan, dan sebagian besar Sulawesi bagian utara.

"Umumnya, puncak musim kemarau 2023 diprediksikan terjadi di Agustus, meliputi Sumatra Selatan bagian timur, Lampung, sebagian besar Pulau Jawa, sebagian Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian Pulau Sulawesi, dan sebagian Papua," katanya.

Baca Juga: Resmikan Flyover Kopo, Menteri PUPR Ungkap Rencana Pembangunan Jalan Layang Buahbatu-Kiaracondong

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x