Hati-hati Fenomena Sinar UV Ekstrem Terjadi Hari Ini, BMKG: Gunakan Tabir Surya

- 25 April 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi, BMKG  memprediksi indeks paparan radiasi sinar UV pada hari ini
Ilustrasi, BMKG memprediksi indeks paparan radiasi sinar UV pada hari ini /Pixabay/asmuSe

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan.

Informasi yang dipublikasikan Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) melalui akun instagram resminya, Senin 24 Apri 2023, paparan sinar UV ekstrem matahari hari ini mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 4 sore.

Peringatan tersebut berkaitan dengan paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari yang berada pada tingkat sangat berbahaya.

Baca Juga: Jalur Utama Arus Balik Tasikmalaya-Garut Terhambat Akibat Longsor di Salawu

Lewat akun Instagramnya BMKG menunjukkan paparan sinar UV matahari yang akan terpancar hari ini. Mulai dari intensitas rendah pada pagi hari sampai tingkat ekstrem pada tengah hari.

Pada peta, paparan sinar UV dengan intensitas sedang terjadi mulai pukul 07.00 WIB di kepulauan Papua dengan indeks 3-5. Sedangkan sebagian wilayah pulau jawa masih sejuk dan terpantau hanya mengalami paparan pada tingkat rendah yang ditandai warna hijau. Indeksnya masih berada pada angka 0-2.

Namun memasuki pukul 09.00 paparan sinar ultra violet ini mulai masuk tahap membahayakan pada sebagian pulau Jawa dengan indeks 3-5 dan ekstra bahaya di kepulauan papua dengan indeks paparan 6-7.

Baca Juga: Perbaikan Jalan di Bandung Barat Dimulai Tahun Ini, Berikut Nilai Proyek serta Sumber Pendanaannya

Kemudian pada pukul 11.00, ketika sinar matahari semakin terik, paparan sinar UV nya semakin tinggi mendekati level ekstrem. Indeks paparannya berada pada skala 8-10 pada hampir semua kepulauan di Indonesia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x