DPRD Dukung Penuh Penambahan TPST Berkonsep RDF di Kota Bandung

- 23 Februari 2023, 11:00 WIB
Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan.
Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan. /DPRD Kota Bandung


PRFMNEWS - Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan menghadiri dimulainya operasional Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Cicukang Holis, di Bandung, Selasa 21 Februari 2023.

Ia mengatakan, pembukaan TPST Cicukang Holis dengan dukungan teknologi RDF ini merupakan berkah bagi Kota Bandung. Ada dukungan besar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) untuk mewujudkan TPST Cicukang Holis ini.

“TPST Cicukang yang mendapatkan dukungan penuh Kemen PUPR. Jadi ini berkah bagi kami di Kota Bandung, mendapatkan perhatian luar biasa dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Kini Miliki TPST Cicukang yang Terapkan RDF, Mampu Tekan 10 Ton Sampah Per Hari

Rencana pembangunan TPST Cicukang Holis ini didukung penuh DPRD Kota Bandung yang merespons melalui Komisi C menyusul surat usulan penganggaran TPST Cicukang dari Pemerintah Kota Bandung.

TPST Cicukang Holis memiliki konsep pengolahan menggunakan teknologi Refused Derived Fuel (RDF).

Tedy sangat mendukung teknologi RDF ini. Setelah dicermati, teknologi RDF ini tidak menimbulkan ekses emisi dan berpotensi menimbulkan polusi yang membahayakan masyarakat.

Baca Juga: Bingung Mau Buang Sampah Besar atau Sampah Elektronik di Mana? Begini Solusinya

“Setelah melihat mesin-mesin yang pernah ada, saya cenderung mendukung teknologi RDF. Apalagi ini yang skala sedang, per hari 10 ton, hasilnya ada yang bisa kita manfaatkan yakni RDF yang dibutuhkan industri tekstil," ujarnya.

Ia pun mengapresiasi bentuk dukungan dan sinergi program yang ditunjukkan TNI di wilayah Kota Bandung. Beberapa pekan yang lalu ia bertemu dengan teman-teman dari Kodim 0618/BS Kota Bandung, untuk melihat salah satu inovasi dari Pangdam III Siliwangi yang juga memanfaatkan teknologi RDF di lingkungan TNI Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x