Yana Mulyana Bagikan 2.381 KIA pada Siswa 15 Sekolah di Kota Bandung yang Ikut Program Kisanak

- 17 Februari 2023, 18:10 WIB
Ilustrasi siswa-siswi yang bakal menerima KIA dari Pemerintah Kota Bandung, Jumat 17 Februari 2023.
Ilustrasi siswa-siswi yang bakal menerima KIA dari Pemerintah Kota Bandung, Jumat 17 Februari 2023. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Disdukcapil memberikan 2.381 Kartu Identitas Anak (KIA) kepada para siswa dari 15 sekolah yang mengikuti program Kisanak (Pembuatan KIA Kerja Sama dengan Sekolah Anak).

Sebanyak 2.381 KIA milik para siswa SMP dan SD yang mengikuti program Kisanak ini diserahkan langsung oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana pada Jumat, 17 Februari 2023 di SMPN 28 Bandung.

Yana Mulyana mengatakan, penyerahan ribuan KIA kepada para pelajar SD dan SMP melalui program Kisanak ini merupakan bentuk komitmen Pemkot Bandung untuk memenuhi hak anak atas identitas diri serta mengakses administrasi kependudukan.

Baca Juga: Rute Sudah Disepakati, Ridwan Kamil Sebut Proyek MRT Lintas Jawa Barat-Jakarta-Banten Dimulai 2024

"Dengan aturan yang baru bahwa kartu identitas hak seluruh masyarakat. Anak usia 0 sampai 17 tahun kurang sehari mendapat KIA. Ini ikhtiar kita memenuhi hak anak untuk mengakses kepentingan administrasi kependudukan," ucap Yana.

Yana menambahkan, anak yang telah memiliki KIA akan lebih mudah memperoleh hak-hak mereka dalam hal pelayanan tertentu.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyerahkan KIA pada Siswa di SMPN 28 Bandung, Jumat 17 Februari 2023.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyerahkan KIA pada Siswa di SMPN 28 Bandung, Jumat 17 Februari 2023. Diskominfo Kota Bandung

"Dengan diserahkan KIA, hak anak bisa dipenuhi adminduknya untuk mengakses berbagai layanan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bandung Tatang Muhtar menjelaskan, kebijakan anak harus memiliki KIA sesuai dalam amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No. 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x