Besok, Pemkot Gelar Festival Bandung Ulin 2022, Dimeriahkan Pertunjukan Ragam Seni Budaya Sunda nan Menarik

- 2 November 2022, 16:30 WIB
Festival Bandung Ulin.
Festival Bandung Ulin. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menggelar Festival Bandung Ulin 2022 bertema "Ngamumule Budaya Sunda di Sarana Olah Raga (SOR) Arcamanik, Kamis 3 November 2022 besok.

Festival Bandung Ulin 2022 di SOR Arcamanik ini bakal dimeriahkan penampilan beragam pertunjukan seni budaya khas Sunda.

Festival Bandung Ulin 2022 ini digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung dalam rangka membangkitkan kembali budaya Sunda.

Baca Juga: Pengakuan Ketum PSSI Sempat Dilema Putuskan Main Bola Bareng Presiden FIFA di Tengah Duka Tragedi Kanjuruhan

Disdik Kota Bandung melihat derasnya arus globalisasi membuat kebudayaan di Indonesia termasuk dari tanah Jawa Barat semakin buram dari pandangan generasi muda.

Padahal, masyarakat Jawa Barat punya pencak silat dan angklung yang telah dicatat oleh UNESCO sebagai kekayaan budaya tak benda milik Sunda.

Ada lagi beragam permainan anak khas Sunda atau disebut kaulinan barudak yang merupakan warisan budaya turun-temurun yang mengandung berbagai filosofi “kasundaan” begitu luhur.

Sebanyak 8.000 anak dari tingkat SD dan SMP akan terlibat untuk bermain sambil belajar beberapa kebudayaan Sunda dalam acara tersebut, seperti pencak silat, angklung, dan permainan anak-anak tempo dulu.

Baca Juga: Ada Fenomena Langka Tanggal 3 November, Tengah Hari Akan Jadi Lebih Lambat, Begini Penjelasan LAPAN

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x