Cegah Banjir di 3 Wilayah, Pemkot Bandung Masifkan Pengerukan Sungai dan Bersihkan Tumpukan Sampah

- 1 November 2022, 09:15 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat tinjau beberapa sungai di Kota Bandung pada Senin, 31 Oktober 2022. Dia minta jajarannya untuk giatkan pengerukan sungai.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat tinjau beberapa sungai di Kota Bandung pada Senin, 31 Oktober 2022. Dia minta jajarannya untuk giatkan pengerukan sungai. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya mencegah terjadinya banjir tinggi di sejumlah wilayah akibat dampak cuaca ekstrem yang masih berpotensi terjadi pada beberapa waktu ke depan.

Teranyar, Pemkot Bandung berupaya mengantisipasi banjir di tiga wilayah, yakni Gedebage, Rancasari, dan Cibaduyut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menyatakan, upaya mencegah banjir di tiga wilayah itu perlu dilakukan dengan pengerukan sungai dan saluran drainase yang mulai dangkal.

Baca Juga: Minimalisir Dampak Cuaca Ekstrem, Pemkot Bandung Terus Lakukan Pengerukan Sungai

Selain di tiga wilayah itu, Ema berharap, pengerukan atau dikenal dengan istilah normalisasi sungai ini bisa dilakukan di sejumlah sungai dan drainase di Kota Bandung, terutama di titik rawan banjir.

"Sekarang tidak ada hujan, seharusnya ini kesempatan untuk mengeruk sungai menata selokan. Jangan sampai menunggu hujan," kata Ema di sela-sela peninjauan ke tiga wilayah tersebut, 31 Oktober 2022.

"Sungai di sepanjang jalan ini logika saya sedimentasinya harus dibersihkan dan sungainya diperdalam satu atau dua meter lebih baik," imbuhnya.

Selain itu, Ema memerintahkan jajarannya untuk rutin membersihkan sampah misalnya dengan kerja bakti bersama agar tidak sampai menumpuk yang bisa berdampak menyumbat jalur air.

Baca Juga: Hati-hati, Ternyata Buah dan Sayur Seperti ini Bisa Membuat Tubuh Bermasalah, kata dr. Ema

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x