Antapani Tengah Jadi Kelurahan Pertama di Bandung Lulus STBM Berkat Komitmen Terapkan 5 Pilar Sanitasi Sehat

- 27 Oktober 2022, 07:45 WIB
Deklarasi Kelurahan Antapani Tengah menjadi kelurahan pertama di Kota Bandung yang lulus sebagai wilayah dengan penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) secara maksimal pada Rabu, 26 Oktober 2022.
Deklarasi Kelurahan Antapani Tengah menjadi kelurahan pertama di Kota Bandung yang lulus sebagai wilayah dengan penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) secara maksimal pada Rabu, 26 Oktober 2022. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Kelurahan Antapani Tengah menjadi kelurahan pertama di Kota Bandung yang lulus sebagai wilayah dengan penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) secara maksimal.

Predikat Antapani Tengah sebagai kelurahan pertama di Kota Bandung yang menerapkan STBM ini diraih berkat komitmen dan kekompakan masyarakat dalam menjalankan lima pilar sanitasi sehat.

Hal tersebut diakui Lurah Antapani Tengah Teguh Haris Pathon pada acara Deklarasi Kelurahan STBM di UPT Puskesmas Griya Antapani, Kota Bandung, Rabu 26 Oktober 2022.

"Kami atas nama seluruh masyarakat Kelurahan Antapani Tengah bertekad mempertahankan Antapani Tengah sebagai kelurahan STBM dengan melaksanakan perilaku lima pilar STBM," kata Teguh.

Baca Juga: Dapat Bantuan Alat Sanitasi, Siswa 5 SD di Bandung Kini Bisa Minum Air Langsung dari Kran Tanpa Dimasak

Teguh menjelaskan, lima pilar sanitasi sehat tersebut yaitu, melaksanakan gerakan stop buang air besar sembarangan (ODF) dan akses jamban sehat. Kedua, melaksanakan cuci tangan pakai sabun.

Ketiga, pengelolaan makanan dan minuman dengan benar. Keempat, pengelolaan sampah rumah tangga dengan benar, dan terakhir, pengelolaan limbah cair rumah tangga dengan benar.

"Kami harap setelah deklarasi ini mampu diterapkan dengan baik dan mempertahankannya," ucap Teguh.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi atas penerapan STBM di Kelurahan Antapani Tengah, Kecamatan Antapani ini.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x