Ada Kisah Romantis di Balik Lirik Lagu ‘Halo-Halo Bandung’, Bukti Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api

- 23 Maret 2022, 14:30 WIB
Ilustrasi sejarah Bandung Lautan Api.
Ilustrasi sejarah Bandung Lautan Api. /Bandung.go.id

PRFMNEWS – Peristiwa 'Bandung Lautan Api' pada 24 Maret 1946 tak lepas dari terciptanya lagu perjuangan ‘Halo-Halo Bandung’ karya Ismail Marzuki.

Namun siapa sangka, di balik lirik lagu Halo-Halo Bandung tersimpan kisah romantis antara sang pencipta Ismail Marzuki dan istrinya, Eulis Zuraidah.

Meskipun lagu Halo-Halo Bandung lahir saat momentum bersejarah peristiwa Bandung Lautan Api, di mana rumah dan gedung di wilayah selatan Kota Bandung sengaja dibakar oleh para pejuang Indonesia.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Kota Bandung Terus Menurun, Warga Diimbau Terus Waspada

Melansir keterangan tertulis di laman Pemkot Bandung, disebutkan lagu ini mulanya berjudul ‘Hallo Bandung’.

Lirik versi awal lagu ini lahir sebagai ungkapan rasa rindu Ismail Marzuki dan sang istri terhadap Bandung, dan bukan dimaksudkan sebagai lagu perjuangan.

Lirik lagu ini berangkat dari kisah Ismail Marzuki yang sempat mengungsi ke Bandung bersama Eulis Zuraidah demi menghindari pendudukan tentara Inggris dan Belanda di Batavia (Jakarta).

Baca Juga: Kopi Aroma, Toko Kopi Bersejarah di Kota Bandung

Sayangnya, tak lama setelah mereka menetap di Bandung, terbit ultimatum dari pihak Inggris yang memerintahkan pihak tentara pejuang Indonesia untuk segera meninggalkan kota kembang ini.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x