Sejarah Gedung Cai Tjibadak di Bandung, Hari Ini Genap 100 Tahun

- 29 Desember 2021, 21:45 WIB
Gedung Cai Tjibadak di Kota Bandung pada tahun 1921
Gedung Cai Tjibadak di Kota Bandung pada tahun 1921 /Humas Bandung.

PRFMNEWS - Gedung Cai Tjibadak yang terletak di Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, pada hari ini, Rabu 29 Desember 2021, genap berusia 100 tahun.

Tepat di usia satu abad, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melaksanakan Napak Tilas Gedung Cai Tjibadak.

Napak tilas 100 tahun gedung Tjibadak di Kota Bandung adalah salah satu upaya pelestarian lingkungan. Dengan kegiatan ini, selain meningkatkan kepedulian akan peninggalan yang berharga juga untuk melestarikan keberadaan sumber air yang disebut seke.

Saat ini Gedung Tjibadak dioperasikan oleh PDAM Tirta Wening Kota Bandung. Keberadaannya tetap berfungsi sebagai sumber air baku. Selain itu, di sekitarnya tetap menjadi habitat bebagai flora dan fauna yang tetap harus dipertahankan.

Baca Juga: Libur Natal, Kawasan Wisata Puncak Masih jadi Favorit, Lembang di Urutan Dua

"Atas nama Pemkot Bandung mengucapakan terima kasih dan apresiasi hari ini bisa memperingati 100 tahun Gedung Tjibadak," kata Yana.

Menurut artikel yang ia baca, 100 tahun lalu terjadi juga kegiatan seremonial peresmian. Mulai dari hari yang sama, yakni hari Rabu di akhir tahun pada bulan Desember.

Tak hanya itu, pada tahun 1921 juga sebagai upaya pemerintah memberikan air bersih kepada masyarakat dalam wabah kolera.

"Pada tahun itu Wali Kota Bandung, S. A Reitsma memberikan air bersih tersebut pada wabah kolera," tutur Yana.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Humas Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x