Kolaborasi Seniman dan Ilmuwan Berhasil Jernihkan Air Sungai, Yana Mulyana Sampaikan Harapan ini

- 29 Desember 2021, 07:30 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat hadir di Pameran Seni Perjernih Air di Galeri Imah Budaya (Ibu) Cigondewah, Jalan Batu Rengat, Cogondewah Kaler, Bandung Kulon, Kota Bandung Selasa kemarin.
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat hadir di Pameran Seni Perjernih Air di Galeri Imah Budaya (Ibu) Cigondewah, Jalan Batu Rengat, Cogondewah Kaler, Bandung Kulon, Kota Bandung Selasa kemarin. /Humas Kota Bandung

PRFMNEWS - Air merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan. Oleh karenanya, banyak upaya dilakukan banyak pihak untuk menjaga kondisi air.

Saat membuka Pameran Seni Perjernih Air di Galeri Imah Budaya (Ibu) Cigondewah, Jalan Batu Rengat, Cogondewah Kaler, Bandung Kulon, Kota Bandung Selasa kemarin, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap instalasi penjernih air yang dipamerkan bisa menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan warga mengakses air bersih.

Dalam pameran yang digagas oleh Seniman Tisna Sanjaya yang mengawinkan seni berupa instalasi dengan teknologi penjernih air dari ilmuwan Institut Teknologi Bandung, Prof. Ir. I Gede Wenten. Air yang dijernihkan bersumber dari Sungai Cikendal dan air tanah.

Baca Juga: Lowongan Kerja BP2JK Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2022, Berikut Kualifikasinya

Baca Juga: 6 Kabar Gembira dari Ridwan Kamil Soal Perkembangan Transportasi Umum di Jabar, Nomor 1 Sudah Lama Ditunggu

Yana mengapresiasi hal tersebut, karena di tempat tersebut bisa membuat air sungai bisa dimanfaatkan. Bahkan air tanah yang telah diproses bisa menjadi air yang bisa langsung diminum.

"Mudah-mudahan dengan instalasi ini bisa kita tularkan ke beberapa daerah, sehingga keterbatasan warga mengakses air bersih itu bisa tertangani," ucapnya.

Menurut Yana, Kota Bandung banyak dialiri anak sungai dari Sungai Citarum yang tingkat pencemarannya cukup tinggi. Namun Sungai Cikendal yang termasuk anak sungai telah berhasil dimanfaatkan dengan teknologi di tempat tersebut.

"Dari tempat ini lahir satu semangat bagaimana kita bisa memproses air. Sehingga kita bisa mewariskan ke anak cucu ke depan. Sungai-sungai yang melintas di Kota Bandung ini bisa dimanfaatkan, entah itu untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan bisa dimanfaatkan untuk minum," katanya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x