Update Proyek Kereta Cepat: Rencananya Penumpang Turun dan Naik di Stasiun Padalarang

- 23 Oktober 2021, 11:40 WIB
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang kini menggunakan APBN akibat biayanya yang kian membengkak.
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang kini menggunakan APBN akibat biayanya yang kian membengkak. /KCIC

PRFMNEWS - Stasiun Padalarang disebut-sebut akan menjadi tempat transit bagi penumpang kereta cepat yang akan menuju ke atau dari Jakarta dan Bandung. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi seperti yang PRFMNEWS.ID lansir dari Antara, Sabtu (22/10/2021).

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan, keberadaan Stasiun Hub Padalarang (stasiun terpadu) nantinya akan membantu integrasi kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan moda transportasi lain.

"Di Stasiun Hub Padalarang ini, penumpang KCJB yang ingin langsung melanjutkan perjalanan ke Kota Cimahi dan Bandung nantinya dapat memanfaatkan KA Feeder yang dilayani oleh PT KAI atau memilih moda transportasi lain di sekitar area stasiun," ujar Dwiyana.

Baca juga: Jokowi 'Ralat' Janji Pendanaan Kereta Cepat, Pengamat: The King Of Lip Service Terbukti Lagi

Aspek demografi, komersial, dan infrastruktur di sekitar Stasiun Padalarang dinilai mampu mengakomodir penumpang dari wilayah Bandung bagian barat, seperti Cikalongwetan, Cililin, Parongpong, Cipatat, Cisarua, Batujajar, Ngamprah, Gununghalu, Cipongkor, Cipeundeuy, Lembang, Sindangkerta, Cihampelas dan Rongga.

Stasiun Terpadu Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut akan dibangun di sebelah barat stasiun KA Padalarang saat ini. Penumpang yang hendak menggunakan layanan kereta cepat dari Padalarang atau sebaliknya akan disediakan KA Feeder/Konvektivitas menuju Stasiun Cimahi dan Bandung atau sebaliknya.

"KA Konektivitas/Feeder akan menggunakan rangkaian KRD yang didesain seperti Kereta Bandara, dan melayani rute dari Stasiun Padalarang kemudian berhenti di Stasiun Cimahi dan Bandung. Begitupun rute sebaliknya," ucap Dwiyana.

Rencananya, jadwal pemberangkatan KA Feeder ini setiap 20 menit pada jam sibuk dan 30 menit di luar jam sibuk atau menyesuaikan operasional kereta cepat.

Durasi perjalanan dari Stasiun Hub Padalarang ke Stasiun Bandung adalah 18 menit. Jika berhenti di Stasiun Cimahi maka durasi perjalanan menjadi 22 menit.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x