Sekelompok Masyarakat Bandung Inisiasi 'Gerakan Bandung Merdeka Dari Covid-19', Ini Agendanya

- 10 Agustus 2021, 17:56 WIB
Asep Warlan Yusuf
Asep Warlan Yusuf /dok pribadi

PRFMNEWS - Melihat pandemi Covid-19 yang tidak bisa diatasi oleh pemerintah saja, melainkan harus dengan kebersamaan seluruh elemen, sejumlah masyarakat memprakarsai "Gerakan Bandung Merdeka Dari Covid-19".

Salah satu pemrakarsa Gerakan Bandung Merdeka Dari Covid-19, Prof. Dr Asep Warlan Yusuf mengatakan, gerakan ini sebagai upaya dari, oleh, dan untuk masyarakat dalam kaitan penanganan Covid-19, khususnya di Kota Bandung.

"Kami dari masyarakat, akademisi, kelompok aktivis, ingin berbuat sesuatu, tidak saling menyalahkan, tidak terlalu takut tapi waspada, membangun upaya, ikhtiar (dalam penanganan Covid-19)," katanya saat konferensi pers secara virtual, Selasa 10 Agustus 2021.

Baca Juga: Luhut Sebut Presiden Jokowi Sebagai Panglima Tertinggi dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia

"Kami coba upayakan pendayagunaan dari cara berfikir masyarakat ini agar lebih produktif mencari jalan lebih cepat atau solusi kita bebas dari Covid-19 ini," tambahnya.

Dari hal tersebut, ia mengaku akhirnya terbentuk kelompok pemrakarsa atau inisiator yang akan menjadi pendorong, memfasilitasi, menginspirasi, mengajak semua pihak, menjembatani antar kepentingan untuk bisa bergerak di tingkat masyarakat.

"Ini adalah gerakan dari, kepada, dan untuk masyarakat dengan ada koordinasi, komunikasi, bersinergi juga dengan Pemerintah," katanya.

Landasan filosofisnya, Bandung itu tercatat sebagai kota bersejarah. Kota perjuangan mulai dari Bandung Lautan Api untuk mempertahankan kemerdekaan, ada juga Konferensi Asia Afrika yang memotivasi banyak negara untuk merdeka.

Baca Juga: Terbukti Korupsi Bansos Covid-19, Juliari Batubara Minta Divonis Bebas

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x