Camat dan Lurah Ke Yogyakarta, Begini Tanggapan LPM Kota Bandung

- 21 Juni 2021, 13:37 WIB
Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung, Merdi Hajiji
Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung, Merdi Hajiji /Dok. Pribadi

PRFMNEWS - Kepergian Camat Rancasari dan Lurah Derwati ke Yogyakarta di tengah kasus Covid-19 yang tinggi di Kota Bandung, terus menuai reaksi keras.

Terbaru, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung, Merdi Hajiji, turut angkat bicara. Terlebih lagi, kepergian ke Yogyakarta tersebut juga mengikutsertakan pengurus inti LPM Kelurahan Derwati.

“Kami LPM Kota Bandung merasa kaget dengan adanya kegiatan penguatan kelembagaan yang katanya melibatkan LPM Kelurahan Darwati ke Jogyakarta. Urgensi penguatan kelembagaan disaat pandemi yang terus meningkat saat ini harusnya bisa dilakukan justru untuk meningkatkan peran lembaga kemasayarakatan dalam memberi edukasi kemasyarakatan diwilayahnya,” tegas Merdi saat dihubungi, Senin 21 Juni 2021.

Baca Juga: Soal Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Juli 2021, Dewan IAKMI: Sudah Jelas Itu Berisiko

Merdi tidak menampik, kegiatan sinergitas dan penguatan kelembagaan sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas lembaga dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

Selain itu, penguatan kelembagaan pun bisa membantu pemerintah dalam peningkatan partisipasi masayarakat dalam pembangunan.

“Hanya kalau dilakukan disaat ini memang momennya kurang pas karena kita lagi berjuang bahu membahu untuk menurunkan kembali penyebaran Covid-19. Kami sangat menyesalkan dan menyayangkan tindakan Camat Rancasari dan Lurah Derwati,” tandas Merdi.

Ia menuturkan, seharusnya dua pejabat tersebut sangat memahami situasi saat ini, disaat masyarakat harus diam di rumah, aktivitas ekonomi pun sangat dibatasi sesuai perwal nomor 61 tahun 2021 tentang PSBB Proporsional dan Kepwal 443 tahun 2021 tentang penetapan pelaksanaan pembatasan sosial berskala mikro.

Baca Juga: Dewan IAKMI: Kebijakan 'Gas dan Rem' Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Tak Pulihkan Pandemi di Indonesia

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah