Tempat Tidur Pasien Covid di RSHS Tersisa 62 Lagi, Diprediksi Belum Sampai Puncaknya

- 15 Juni 2021, 14:26 WIB
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung.
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung. /

PRFMNEWS - Ruang perawatan khusus pasien Covid-19 di RSHS Kota Bandung per hari ini tersisa 62 tempat tidur lagi. Pascalibur Lebaran, Bed Occupancy Rate (BOR) di RSHS memang mengalami peningkatan cukup tinggi.

Total BOR yang disediakan RSHS untuk saat ini mencapai 224 tempat tidur, dan telah dihuni sebanyak 162 pasien atau terisi 72,3 persen.

Plh. Direktur Pelayanan Medik, Perawatan, dan Penunjang RSHS, dr. Yana Akhmad Supriatna Sp.PD-KP menyebut kondisi keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di RSHS sudah dalam kategori lampu kuning.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Terus Naik, Pemerintah Tambah Kapasitas Tempat Tidur RS di Zona Merah Hingga 40 Persen

"Kalau dirinci ruang isolasi biasa mencakup BOR 71 persen, sedangkan ruang ICU 79 persen. Semua sudah lampu kuning, maka ini bagaimana cara kami berusaha meningkatkan kapasitas dari tempat tidur ini," ujar Yana dalam keterangannya, Selasa 15 Juni 2021.

Melihat masih terus banyaknya pasien Covid-19 yang masuk ke RSHS, Yana meyakini situasi ini belum mencapai puncaknya.

Sebab berdasarkan pengalaman, peningkatan kasus akan terjadi pascaliburan. Pada awal-awal usai liburan tercatat kedatangan pasien ke IGD di angka 10-an, kemudian meningkat kisaran 20-an, dan sekarang rata-rata 30 pasien yang masuk IGD.

Baca Juga: Seminggu Jalani Isolasi Mandiri, Wagub Uu Ruzhanul Kangen Giat di Gedung Sate

"Sekarang tren berkisar di 30-an, apakah akan menurun? tampaknya belum, saya belum yakin bahwa ini adalah puncaknya," ungkap Yana.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x