Pascalibur Lebaran, Pasien Covid-19 di RSHS Sedikit Naik

- 31 Mei 2021, 14:39 WIB
RSHS Bandung
RSHS Bandung //dok.PRFM


PRFMNEWS - Kasus Covid-19 yang ditangani di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung pascalibur lebaran 2021 mengalami peningkatan, meski belum terlalu signifikan.

Plh Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS, dr. Yana Akhmad Supriatna Sp.PD-KP menuturkan, kenaikan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSHS Kota Bandung mulai terjadi setelah tanggal 19 Mei 2021.

"Setelah lebaran tanggal 19 (Mei) sampai saat ini ada sedikit naik tapi tidak sampai lonjakan. Jadi ada sedikit kenaikan, mudah-mudahan ini tidak terjadi," ujar Yana dalam keterangannya yang diterima PRFM News, Senin 31 Mei 2021.

Baca Juga: Jika Kasus Positif Covid-19 di Jabar Terus Meningkat, Pemprov Bakal Tambah Kapasitas Rumah Sakit

Yana mengungkapkan, Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur pasien Covid-19 baik ruang isolasi dan intensif hingga saat ini trennya masih naik turun.

Keterisian tempat tidur pada awal-awal libur lebaran yakni 15-17 Mei mengalami penurunan menjadi 57 persen, tapi sekarang kembali naik menjadi 77,5 persen. Namun kenaikan ini belum bisa dikatakan lonjakan tinggi.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi Bagi Lansia, Pemprov Jabar Lakukan Strategi Jemput Bola dengan Bangun Pos Vaksin di Desa

Guna mengantisipasi lonjakan kasus, RSHS sudah memiliki skenario dengan menyiapkan 234 tempat tidur pasien khusus Covid-19 jika ada kenaikan hingga 50 persen.

Namun apabila lonjakan melebihi 100 persen, maka RSHS akan menambah 84 tempat tidur pasien Covid-19 lainnya, sehingga totalnya menjadi 318 tempat tidur.

Baca Juga: Awas Kena Denda Rp500 Ribu, Ini Lokasi Kawasan Tanpa Rokok di Kota Bandung

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah