Di Luar Prediksi, Terminal Cicaheum Alami Lonjakan Penumpang

- 5 Mei 2021, 15:03 WIB
Suasana pemudik menggunakan bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Rabu 5 Mei 2021
Suasana pemudik menggunakan bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Rabu 5 Mei 2021 /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS.

PRFMNEWS - Larangan mudik yang diberlakukan Pemerintah nampaknya belum berpengaruh terhadap animo warga untuk merayakan Lebaran 1442 H di kampung halaman. Hal ini terlihat salah satunya di Terminal bis Cicaheum, yang diluar prediksi, justru mengalami peningkatan hingga 50 persen dalam dua hari terakhir.

Kepala Terminal bis Cicaheum, Ronny Hermanto menuturkan, ada lonjakan calon penumpang di Terminal Cicaheum yang sempat salah memprediksi. Awalnya, pihaknya memprediksi lonjakan penumpang hanya akan terjadi 20 persen, seiring adanya aturan larangan mudik lebaran. Namun ternyata sejak kemarin dan hari ini, terjadi lonjakan hingga 50 persen calon penumpang.

"Sejak dua hari lalu, hari Sabtu dan Minggu itu kami prediksi akan terjadi lonjakan sekitar 20 persen calon penumpang, tapi ternyata prediksi kami meleset, karena kemarin hingga hari ini ternyata terjadi penumpukan penumpang hingga 50 persen dari hari-hari biasa sebelumnya. Pada hari-hari biasa di masa pandemi covid-19 ini sekitar 650 calon penumpang tujuan AKAP, sedangkan kemarin saja sudah mencapai 1.100an calon penumpang," beber Ronny ditemui di Terminal Bus Cicaheum, Rabu 5 Mei 2021.

Baca Juga: BAHAYA! Dua Mobil Kejar-kejaran di Jalan Tol Buah Batu, Nyaris Diseruduk Truk

Untuk armada bus yang beroperasi di Terminal Cicaheum, lanjut Ronny sejak Selasa (4/5/2021) kemarin keberangkatan rata-rata 90-100 unit per hari.

Tujuan keberangkatan terbanyak untuk AKAP yaitu ke Purwokerto, Wonosobo, Semarang, dan Surabaya. Sedangkan untuk rute AKDP, dengan tujuan Tasikmalaya dan Banjar.

Ronny pun menjelaskan pihaknya akan menaati aturan dari Pemerintah Pusat sesuai dengan SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021, maupun Peraturan Kementerian Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021, dimana Terminal Cicaheum akan menghentikan layanan keberangkatan calon pemudik tujuan AKAP dan AKDP mulai 6-17 Mei 2021.

Baca Juga: Terbaru! Mendagri Minta Kepala Daerah Batasi Buka Bersama dan Larang Open House Lebaran

"Jadi mulai jam 00.00 WIB nanti, kami sudah tidak akan melayani keberangkatan calon pemudik di Terminal Cicaheum," ujar Roni.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x