Meski Mudik Dilarang, Besok Terminal Cicaheum Tetap Beroperasi

- 5 Mei 2021, 14:53 WIB
Petugas Terminal Cicaheum memberikan arahan dan mengingatkan tentang protokol kesehatan kepada pemudik.
Petugas Terminal Cicaheum memberikan arahan dan mengingatkan tentang protokol kesehatan kepada pemudik. /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS.

PRFMNEWS - Pemerintah bakal memberlakuan larangan mudik lebaran 1442 H mulai 6-17 Mei 2021. Meski demikian, Terminal bus Cicaheum tetap akan beroperasi seperti biasa dan tidak ada penutupan. Pasalnya, di Terminal ini masih ada bus Trans Metro Bandung (TMB) yang melayani rute dalam kota.

Kepala Terminal Cicaheum, Ronny Hermanto menjelaskan, bus TMB tetap akan beroperasi seperti biasa melayani penumpang. Menurutnya, operasional bus yang dihentikan adalah bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP).

“Terminal besok tetap beroperasi seperti biasa, karena ada TMB. Tapi bis AKAP dan AKDP pun bisa beroperasi jika sudah memiliki stiker dari Kemenhub. Namun dengan catatan, tidak melayani mudik,” jelas Ronny ditemui di Terminal Bus Cicaheum, Rabu 5 Mei 2021.

Baca Juga: BAHAYA! Dua Mobil Kejar-kejaran di Jalan Tol Buah Batu, Nyaris Diseruduk Truk

Meski demikian, Ronny mengatakan sejauh ini belum ada Perusahaan Otobus (PO) yang melaporkan akan beroperasi untuk kepentingan non mudik. Pihaknya sendiri tidak menyediakan stiker untuk hal tersebut karena menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan.

“Besok belum ada yang mengajukan, tapi kalau mau ambil stiker ya ke Kementerian, jadi ada stiker khusus. Kalau ada yg daftar gimana? Ya masuk saja melayani, tapi ada gak penumpangnya yang seperti itu ? Sepertinya pada tidak mau, soalnya (persyaratannya) berat,” ungkap Ronny.

Terkait kondisi H min 1 pemberlakuan larangan mudik, Ronny menjelaskan hingga saat ini masih berjalan normal, kecuali pergeseran waktu keberangkatan sejumlah PO bus yang berubah khusus hari ini.

Baca Juga: Tak Ada Lonjakan Penumpang di Stasiun Wilayah Daop 2 Bandung di Hari Jelang Larangan Mudik 2021

Menurut Ronny, perubahan waktu keberangkatan sendiri sudah disepakati seluruh PO bus yang ada, untuk melayani penumpang yang hendak mudik namun menghindari resiko putar balik.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x