Pemerintah Larang Mudik, Warga : Kami Tetap Mudik Karena Sudah Tradisi

- 5 Mei 2021, 14:29 WIB
Suasana pemudik menggunakan bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Rabu 5 Mei 2021
Suasana pemudik menggunakan bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Rabu 5 Mei 2021 /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS.

PRFMNEWS – Meski Pemerintah bakal memberlakuan larangan mudik lebaran 1442 H mulai 6-17 Mei 2021, namun sejumlah calon pemudik tujuan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tetap memutuskan mudik melalui Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Rabu 5 Mei 2021 pagi.

Pantauan prfmnews.id di Terminal Cicaheum, para calon pemudik mulai mendatangi Terminal Cicaheum sejak pagi hari.

Selain langsung membeli tiket di lokasi keberangkatan, para pemudik tersebut juga berangkat pada hari ini sesuai dengan tiket yang mereka dapatkan secara daring.

Pemilihan waktu keberangkatan pagi hari ini pun bukan tanpa alasan, karena jika berangkat sore atau malam hari, mereka akan terhambat pemberlakuan larangan mudik saat di tengah perjalanan, dimana hal tersebut mengakibatkan mereka harus rela untuk diputarbalikkan petugas.

Baca Juga: 1.300 Personil Gabungan Siap Berjaga di Pos Pengamanan dan Pos Penyekatan Larangan Mudik di Kabupaten Bandung

Salah seorang calon pemudik tujuan Madura, Syafiuddin (43) beralasan, disamping tidak kuat menahan kerinduan bertemu keluarga di kampung halaman, tetapi juga sebagai upaya mensiasati aturan larangan mudik yang dimulai malam hari nanti.

"Saya bukan nekan mudik, kalau nekat itu kalau sudah diberlakukannya larangan, malah nekat berangkat. Sedangkan hari ini kan belum berlaku itu (aturan), jadi saya manfaatkan situasi itu, untuk berangkat pagi ini," ujarnya saat ditemui di Terminal Cicaheum, Kota Bandung.

Meski memiliki tujuan positif, Syarifiuddin menilai penerapan aturan larangan mudik tahun kedua dari pemerintah, tidak akan menyurutkan niat masyarakat untuk berlebaran di kampung halaman. Sebab, mudik merupakan tradisi yang hanya dilakukan sekali dalam setahun, dan sudah menjadi ciri khas dalam setiap momentum lebaran.

Pemudik lainnya, M.Hosnan yang juga calon pemudik tujuan Madura beralasan, dirinya mudik, karena setelah lebaran nanti, pihak keluarganya akan menggelar acara syukuran, sehingga hal ini memaksa dirinya untuk melakukan mudik lebaran hari ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x