SkeMa, Bukti Pandemi Covid-19 Lahirkan Sejumlah Kreativitas Anak Muda Bandung

- 1 Februari 2021, 21:02 WIB
SkeMa (Sadar Kesehatan Masyarakat), inovasi warga Bandung untuk alat otomatis cek suhu tubuh
SkeMa (Sadar Kesehatan Masyarakat), inovasi warga Bandung untuk alat otomatis cek suhu tubuh /TOMMY RIYADI/PRFM

PRFMNEWS - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama hampir setahun terakhir ternyata memicu sejumlah inovasi. Kreativitas yang lahir dari kebutuhan menghadapi virus corona, sangat beraneka ragam. Mulai dari masker hingga alat pendeteksi gejala virus corona.

Salah satunya adalah Ferdiansyah, pemuda asal Kota Bandung ini membuat sebuah inovasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ia menyebut nya SkeMa (Sadar Kesehatan Masyarakat).

Bersama kawan-kawannya, pria lulusan Sekolah Teknik Menengah berusia 30 tahun ini menciptakan sebuah alat sensor yang mampu mendeteksi suhu tubuh, sensor pengenal wajah, hingga sensor awan.

Baca Juga: PT LIB Sebut Simulasi Liga 1 Akan Digelar Bulan Ini, Untuk Yakinkan Polisi Beri Izin

“Alat ini sebenarnya multi fungsi, termasuk untuk mengecek suhu tubuh manusia. Dia pun sudah di lengkapi dengan hand sanitizer, yang bekerja otomatis saat memeriksa suhu tubuh,” jelas Ferdi di temui di Balaikota Bandung, Senin 1 Februari 2021.

Selain berfungsi untuk mengukur suhu tubuh, lanjut Ferdi, alat ini pun mampu menyiapkan sistem absensi berbasis Windows yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Ferdi menuturkan, sistem penyimpanan data di alat ini pun bisa di isi dengan data analisa kepatuhan protokol kesehatan.

“Di balik layar ada sejumlah piranti yang di tanamkan untuk mendukung basis data yang di perlukan pengguna. Misalnya tadi, absensi dan sebagainya. Sumber tenaganya berasal dari listrik, dengan penggunaan daya sebesar 60 Watt,” jelasnya.

Baca Juga: Relawan Pikul Jenazah Covid-19 di TPU Cikadut Sudah Mulai Bekerja, Digaji Pemkot

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x