Polda Jabar Siapkan Rekayasa Lalin di Berbagai Objek Wisata dari Puncak Bogor Serta Lembang

- 22 Desember 2023, 13:00 WIB
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo /Antara/Bagus Ahmad Rizaldi /

PRFMNEWS - Polda Jawa Barat (Jabar) menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) serta pengamanan di berbagai objek wisata pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Kawasan Puncak Bogor hingga tempat-tempat wisata di wilayah Bandung termasuk Lembang menjadi fokus perhatian kepolisian.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan guna pengamanan masa libur Nataru 2023/2024 akan digelar Operasi Lilin Lodaya mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Pasukan gabungan dikerahkan untuk mengamankan berbagai wilayah termasuk lalin di objek-objek wisata di Jabar dengan rekayasa lalu lintas yang diberlakukan secara situasional ketika terjadi kepadatan atau kemacetan lalin.

Baca Juga: Balita Tewas Tercebur Kolam Air Mancur, Pengamanan di Masjid Al Jabbar Akan Semakin Ditingkatan

"Operasi itu untuk mencegah kriminalitas, persiapan bencana, dan pengaturan lalu lintas. Untuk rekayasa lalu lintas sendiri menyesuaikan dengan situasi di wilayah tersebut seperti pengalihan arus, menjadi satu arah, contraflow dan lainnya, disesuaikan dengan kepadatan," ucap Tompo, Kamis 21 Desember 2023.

Tompo menyebutkan tempat-tempat wisata yang akan mendapat atensi khusus untuk penerapan rekayasa lalin antara lain Kawasan Puncak di Bogor, Kawasan Ciwidey dan Pangalengan di Kabupaten Bandung, Kawasan Lembang di Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bandung.

"Memang beberapa sasaran operasi yang akan kita lakukan itu termasuk daerah wisata, pengaturan kemacetan lalu lintas, terutama kantong parkir, sehingga dilaksanakan koordinasi dengan pengelola wisata untuk menyiapkan kantong parkir, mencegah kemacetan, nanti ada petugas mengawasi dan atur lalu lintas," tuturnya.

Baca Juga: Persiapan Gibran Jelang Debat Perdana Cawapres, TKN: Tema yang Dibahas Sudah Makanan Hariannya

Kawasan Puncak sendiri, ucap Tompo, akan mendapat perhatian lebih saat periode Nataru 2023/2024, di mana akan digelar buka tutup arus, dan khusus malam tahun baru akan dilaksanakan car free night pada jam 18.00-06.00 WIB, dengan ketentuan tidak boleh ada kendaraan melintas di jalur tersebut, kecuali kendaraan darurat seperti ambulans.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah