Sandiaga Uno Bangga Wisata Sari Ater Subang Segera Bangun Kereta Gantung Rp300 Miliar, Ini Rutenya

- 15 Mei 2024, 08:00 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno.
Menparekraf Sandiaga Uno. /Kemenparekraf/

PRFMNEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi rencana pembangunan lintasan cable car atau kereta gantung untuk meningkatkan daya tarik wisata pemandian air panas Sari Ater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Saya mengucapkan selamat karena (rencana) ini sudah lama ditunggu dan ini merupakan kabar yang sangat baik," kata Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa 14 Mei 2024.

Lintasan rute kereta gantung yang akan dibangun rencananya menghubungkan kawasan wisata kolam air panas Sari Ater Subang dengan tempat wisata lain seperti Tangkuban Perahu, Orchid Forest, Maribaya, hingga Lembang.

Pada tahap pertama, lintasan kereta gantung akan dibangun di dalam kawasan pemandian air panas Sari Ater Subang bekerja sama dengan perusahaan dari Prancis, POMA.

Baca Juga: Sukabumi Bakal Punya Kereta Gantung Dukung Pariwisata Geopark Ciletuh

Perwakilan POMA Panca R Sarungu mengatakan bahwa biaya pembangunan lintasan kereta gantung tahap pertama di kawasan Sari Ater akan membutuhkan nilai investasi antara Rp250 miliar hingga Rp300 miliar.

"Di fase pertama, kita akan membangun yang pendek dulu di dalam kawasan Sari Ater. Pengembangan ke depannya akan menyambung sampai ke Tangkuban Perahu, itu bisa lima kilometer (panjang rute lintasannya)," tutur Panca.

Ia yakin kehadiran cable car akan memperkuat daya tarik karena teknologi yang dihadirkan POMA adalah yang terbaik.

"Ini memang sangat disayangkan kita (masih) di belakangnya Vietnam. Kalau di Vietnam sudah punya tiga (cable car) dan resortnya sampai punya kamar seribu," kata Panca.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah