Pemulihan Pariwisata di Desa Wisata Cibeusi, Ciater, Subang Dibantu Program Digitalisasi dari PkM UPI

- 12 Agustus 2022, 09:30 WIB
Tim PkM UPI dampingi Pemulihan Pariwisata Melalui Program Digitalisasi Desa Wisata Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang.
Tim PkM UPI dampingi Pemulihan Pariwisata Melalui Program Digitalisasi Desa Wisata Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. /UPI

PRFMNEWS - Saat ini pemulihan ekonomi tengah banyak dilakukan banyak pihak di berbagai sektor, salah satunya adalah di sektor pariwisata. Bahkan, pemulihan di sektor pariwisata ini turut menjadi perhatian Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Tim PkM Upi menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Selasa, 9 Agustus 2022 dengan mengambil tema Pemulihan pariwisata dengan program digitalisasi desa wisata di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Pendampingan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) didanai Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPI serta difasilitasi oleh Prof. Dr. Vanessa Gaffar, SE.Ak. MBA sebagai ketua, Dr. Askolani, S.E., M.M, Tia Yuliawati, S.Pd., MM serta Arief Budiman, S.S, S.Sos, IMSMEs selaku anggota.

Baca Juga: The Sixth International Conference on Language, Literature, Culture, and Education Sukses Digelar FPBS UPI

Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dilakukan karena melihat, Jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Subang dalam 2020 lalu mengalami penurunan drastis hingga 99% termasuk salah satunya Desa Cibeusi sebagai dampak dari Pandemi Covid-19.

Tahun 2020 jumlah wisatawan Kabupaten Subang hanya mencapai 382,372 orang, sebelumnya sekitar 6.3 juta orang. Terjadinya penurunan drastis wisatawan ke Kabupaten Subang ini berdampak serius pada pengelola dan masyarakat di sekitar wisata termasuk Desa Cibeusi.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pendidikan Indonesia melakukan 8 tahapan dalam Pemulihan pariwisata dengan program digitalisasi desa wisata di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Tahap pertama dengan melakukan observasi, dilakukan oleh seluruh Tim PKM Desa Binaan untuk mengetahui kondisi desa dan melakukan analisis serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi di Cibeusi, Subang.

Tahap kedua, Menggali Potensi Wisata dengan melakukan analisis situasi dan permasalahan mitra, serta penggalian dengan metode Parsipatory Rural Apraisal (PRA) potensi destinasi wisata di Desa Cibeusi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x