Selenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat, FIP UPI Fokus Tingkatkan Kompetensi Profesional Guru

- 31 Juli 2022, 10:54 WIB
 Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) bagi para guru di Kabupaten Pangandaran
Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) bagi para guru di Kabupaten Pangandaran /UPI


PRFMNEWS - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) bagi para guru di Kabupaten Pangandaran dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.

Pengabdian Kepada Masyarakat FIP Tahun 2022 ini mengusung Tema: “Mengabdi menguatkan jati diri membantu mencari solusi”. Kegiatan diselenggarakan secara daring pada tanggal 23 Juli 2022 dan luring pada tanggal 28 Juli 2022.

Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Dr. Sardin, M.Si yang merupakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIP UPI menjelaskan bahwa kegiatan diikuti oleh 16 kelompok tim yang terdiri dari 81 orang dosen, 38 mahasiswa dan 2 orang staf yang berasal dari semua program studi yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Baca Juga: Pengabdian Kepada Masyarakat FPEB UPI Diapresiasi Pemkot Tasikmalaya dan UMKM di Pengandaran

Civitas Akademika FIP bangga menjadi bagian yang turut berpartisipasi dalam menyebarkan pemikiran gagasan Inovasi dan kreativitas dalam membangun SDM di Kabupaten Pangandaran melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dikemas dalam bentuk latihan peningkatan kompetensi dengan tema mengabdi menguatkan jati diri membantu mencari solusi.

Dr. Sardin, M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dosen dan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat secara langsung; memperkuat sinergi antara Fakultas Ilmu Pendidikan dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia; memperkuat penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang relevan dengan kebutuhan masyarakat serta tuntutan pembangunan; memanfaatkan hasil-hasil penelitian yang menurut hasil penelaahan Fakultas Ilmu Pendidikan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan sehingga hasil-hasil penelitian tersebut dapat langsung bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Pangandaran Dodi Djubardi S.Pd menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian ini diikuti oleh sebanyak 2130 guru dan merupakan kegiatan terbanyak yang melibatkan guru-guru di Kabupaten Pangandaran untuk terus meningkatkan keterampilannya.

Baca Juga: FPIPS UPI Menyelenggarakan Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi

Menurutnya menjadi guru yang baik, indikatornya adalah harus mau dan harus menjadi murid yang baik. Oleh karena itu ketika dari UPI menawarkan diklat yang berkaitan dengan kurikulum merdeka belajar, pada guru hebat di Kabupaten Pangandaran dengan cepat dan semangat untuk mengikuti kegiatan ini.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pangandaran Dr. H. M. Agus Nurdin, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pelatihan dan pendampingan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menulis, mengajar dan menggunakan media untuk melaksanakana pembelajaran.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x