Pemkot Bandung Jadikan Tamansari Kawasan Integrasi Wisata Halal

- 17 Februari 2022, 22:50 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana melihat pemaparan tentang Tamansari sebagai kawasan integrasi wisata halal
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana melihat pemaparan tentang Tamansari sebagai kawasan integrasi wisata halal /Diskominfo Kota Bandung.



PRFMNEWS
- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjadikan daerah Tamansari sebagai kawasan integrasi wisata halal.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, kawasan wisata halal seperti di Tamansari bukanlah perkara baru jika berkaca pada negara-negara lain.

Ia menuturkan, sudah banyak negara menyediakan fasilitas seperti ini bagi wisatawan yang mencari makanan halal, seperti halnya daerah Tamansari sebagai kawasan integrasi wisata halal.

"Jangan sampai stigmanya itu Bandung cuma buat muslim nih? Bukan, halal itu bukan hanya untuk muslim saja, siapapun boleh datang ke zona wisata halal ini. Kita bisa coba di beberapa titik sentra pedagang kali lima (PKL) kuliner binaan kami," ucap Yana pada Kamis, 17 Februari 2022.

Baca Juga: Dokter Saddam Ismail Beberkan Makanan yang Bisa Menghilangkan Jerawat

Guna meyakinkan wisatawan dengan zona halal ini, perlu adanya bukti dari mulai sebelum proses pembuatan sampai setelah makanan diolah.

"Ada orang yang juga bertanya-tanya ini makanannya halal, tapi cara pengolahan atau sembelihnya halal juga enggak? Nah, kita harus pastikan itu juga ke wisatawan. Misal, sop kaki kambing, kita harus tunjukkan kalau penyembelihannya juga halal, bisa melalui RPH atau tempat yang memang tersertifikasi halal," ungkap Yana.

Untuk lokasinya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, kawasan Tamansari tepatnya area Gelap Nyawang akan menjadi zona wisata halal yang terintegrasi.

"Gelap Nyawang jadi vocal point karena di sekitarnya banyak sekali potensi wisata yang bisa jadi jalur wisata. Selain itu, dekat juga dengan Masjid Salman ITB, dan beberapa tempat belanja lainnya," tutur Kenny.

Baca Juga: Lihat Langsung Kelangkaan Minyak Goreng, Mendag Lutfi: Paling Lambat Akhir Februari Semua Normal Kembali

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x