Stadion Indoor Terbesar di Indonesia Rampung Dibangun, Siap Jadi Venue FIBA World Cup dan Event Lainnya

- 6 Juli 2023, 13:30 WIB
Tampak luar Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) atau yang dikenal dengan Indonesia Arena.
Tampak luar Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) atau yang dikenal dengan Indonesia Arena. /Kementerian PUPR/

PRFMNEWS - Akhirnya pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta telah dirampungkan pengerjaannya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

IMS atau yang dikenal sebagai Indonesia Arena ini menjadi stadion indoor terbesar di Indonesia yang sengaja dibangun untuk menjadi venue FIBA World Cup yang akan digelar pada 25 Agustus hingga 10 September 2023 mendatang.

“Saat Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah FIBA World Cup 2023, kita belum memiliki bangunan yang representatif untuk penyelenggaraan event kelas dunia. Sehingga IMS dibangun sebagai fasilitas sarana multifungsi indoor yang terbesar di Indonesia,” kata Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Essy Asiah.

Baca Juga: Pembangunan Indonesia Arena Telah Dirampungkan Kementerian PUPR

Disampaikan Essy, setelah FIBA World Cup 2023 selesai, Indonesia Arena nantinya bisa dipakai untuk event lainnya seperti untuk bulu tangkis, voli, dan lainnya.

Rencananya, event Indonesia Open 2024 pun sudah diagendakan akan digelar di Indonesia Arena.

Bahkan acara non olahraga seperti konser, meeting, convention, maupun exhibition bisa digelar di stadion indoor terbesar di Indonesia ini.

Pembangunan IMS telah memenuhi standar teknis Bangunan Gedung Hijau (BGH) dengan mencapai predikat Madya dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Di samping itu, IMS juga telah memanfaatkan Building Information Modelling (BIM) 7D Asset Management. Berkat capaian tersebut, pembangunan IMS berhasil menjadi guidelines/ percontohan pembangunan venue olahraga bagi penyelenggaraan pertandingan FIBA.

Baca Juga: Kagum dengan Indonesia Arena, Menpora: Masuk ke Sini Rasanya Seperti Nonton di Staples Center

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x