Audit Forensik Keuangan PSSI Hadapi Beberapa Tantangan

- 10 Mei 2023, 08:00 WIB
Logo PSSI.
Logo PSSI. /PSSI


PRFMNEWS - Saat ini tengah berlangsung audit keuangan PSSI bersama firma audit Ernst & Young. Dalam pelaksanaan audit forensik keuangan PSSI ini, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Disampaikan Anggota Komite Eksekutif Arya Sinulingga, setelah menandatangi kesepakatan pada 21 April lalu kemudian mendapat kunjungan auditor 5 hari berselang, PSSI kooperatif melakukan peninjauan terhadap proses audit yang dilakukan.

Disampaikan dia, ada tiga periode yang diaudit yaitu masa kepemimpinan 2017-2019, 2019-2023, dan periode Erick Thohir yang baru berjalan 3 bulan.

Baca Juga: Audit Keuangan PSSI, Erick Thohir Gandeng Firma Audit Ternama

"Proses awal audit masih on going berdasarkan MoU penjajakan antara PSSI dan Ernst & Young. Informasi awal yang bisa kami berikan, dari internal review PSSI, ada tiga periode yang akan diaudit. Periode 2017-2019, lalu 2019-2023, dan periode di kepengurusan Pak Erick Thohir, yang baru berjalan tiga bulan,” ungkap Arya.

Menurut dia, ada tantangan saat audit forensik keuangan dilakukan pada periode 2017-2019 dan 2019-2023. Tantangan yang dihadapi adalah mulai dari tidak ada pembukuan yang jelas hingga membuat PSSI harus menggunakan jasa tim IT dan juga adanya pembukuan manual.

“Dari internal review kami, di periode 2017-2019, tidak tercatat sama sekali pembukuaanya, sehingga PSSI harus menggunakan jasa IT untuk mendapatkan data-data dari e-mail bagian keuangan di periode tersebut. Ada beberapa data fisik, namun tidak jelas. Misalnya, ada pengeluaran cheque, namun tidak ada perinciannya,” jelasnya.

Baca Juga: Rencana Erick Thohir Audit Forensik Keuangan PSSI dan PT LIB Didukung Persib

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x