Audit Keuangan PSSI, Erick Thohir Gandeng Firma Audit Ternama

- 22 April 2023, 16:45 WIB
Ketua PSSI Erick Thohir akan melakukan audit keuangan PSSI dan PT LIB.
Ketua PSSI Erick Thohir akan melakukan audit keuangan PSSI dan PT LIB. /Dok.PSSI

PRFMNEWS - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mulai melakukan langkah nyata dalam memperbaiki sepak bola Tanah Air. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan audit keuangan di tubuh PSSI dan juga di PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Audit di PSSI dan PT LIB dilakukan Erick Thohir setelah dirinya menemukan ketidakkonsistenan dalam pemberian hadiah bagi juara Liga.

Dalam audit ini, Erick Thohir bekerja sama dengan firma audit ternama, Ernst & Young untuk penjajakan rencana pelaksanaan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI.

Baca Juga: Rencana Erick Thohir Audit Forensik Keuangan PSSI dan PT LIB Didukung Persib

"Bermula dari peristiwa kemarin, ketika ada ketidakkonsistensi dalam pemberian hadiah juara liga, lalu ditengarai ada juga ketidakjelasan dalam manajemen keuangan di PSSI, saya langsung tanda tangan MoU dengan pihak Ernst & Young Indonesia untuk mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI. Hal ini dilakukan sebagai bagian utama dalam bersih-bersih, baik PSSI maupun di Liga," jelas Erick Thohir di Jakarta, Jumat lalu.

Sebelumnya, persoalan manajemen keuangan di tubuh pengelola sepakbola nasional mencuat setelah muncul masalah ketidakkonsistenan pemberian bonus juara liga yang dilakukan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Kesimpangsiuran kerja sama antara LIB dan PSSI, termasuk transfer pembayaran LIB ke PSSI, mendorong Erick harus melakukan langkah tegas berupa pemeriksaan agar manajemen keuangan, baik di PSSI dan selanjutnya di PT LIB, agar terbuka, transparan, dan akuntabel.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Lakukan Audit Besar-besaran di PSSI dan PT LIB

"Sudah pasti kita semua, saya, pengurus, dan pecinta sepakbola mau soal keuangan yang kerusial ini terbuka. Apalagi sepakbola ini milik rakyat. Kami ini hanya ditugaskan untuk membersihkan. Audit ini diperlukan agar terjadi kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan pada seluruh pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia," tegasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x