Manchester City Dilarang UEFA Tampil di Liga Champions Selama 2 Musim

- 15 Februari 2020, 15:08 WIB
Skuat Manchester City.**
Skuat Manchester City.** /instagram.com/mancity

PRFMNEWS - Klub asal Inggris, Manchester City, dilarang tampil oleh UEFA di Liga Champions untuk dua musim ke depan dan denda 30 juta Euro.

Selain itu, klub yang bermarkas di Etihad Stadium ini dilarang tampil di Liga Eropa (kasta kedua Liga Champions). Klub juga dianggap gagal bersikap kooperatif selama penyelidikan yang dilakukan UEFA.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Guardian, hukuman itu diberikan lantaran Manchester City terbukti melakukan pelanggaran serius mengenai aturan Financial Fair Play (aturan keuangan).

Baca Juga: Oded: Di Kota Bandung Tidak Ada Intoleransi

City dinyatakan bersalah oleh badan kontrol keuangan klub (CFCB) UEFA karena telah menggelembungkan pendapatan sponsor mereka.

Penyelidikan ini diajukan oleh majalah asal Jerman Der Spiegel pada November 2018 menemukan adanya sejumlah kebocoran email dan dokumen.

Email dan dokumen yang 'bocor' tampaknya menunjukkan bahwa pemilik klub Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan sebagian besar mendanai sponsor tahunan sebesar 67,5 juta Poundstering atau Rp 1,2 triliun.

Salah satu email yang bocor menyatakan bahwa hanya 8 juta Poundsterling dari sponsor selama musim 2015-2016 yang didanai langsung oleh Etihad dan sisanya berasal dari perusahaan kendaran milik Mansour sebagai pemilik City, Abu Dhaby United Group.

Baca Juga: Marak Hoax SIM Kolektif, Ini Penjelasan Dari Polisi

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x