Mudik 2024, KAI Luncurkan Kereta Ekonomi Baru Stainless Steel, Punya 10 Keunggulan Fasilitas Makin Mewah

- 22 Maret 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi mudik naik kereta api.
Ilustrasi mudik naik kereta api. /Pikiran Rakyat/Abdul Muhaemin

PRFMNEWS – PT Kereta Api Indonesia atau KAI mengoperasikan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation jelang masa arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi. Kereta baru ini bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023-2026 hasil produksi PT INKA (Persero).

Kereta Api (KA) Majapahit rute Jakarta Pasar Senen-Malang pp menjadi yang pertama akan menggunakan rangkaian Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation. Jadwal perdana KA Majapahit pakai rangkaian kereta baru tersebut mulai tanggal 25 Maret 2024 (Malang-Pasar Senen) dan 26 Maret 2024 (Pasar Senen-Malang).

Kelebihan fasilitas yang dimiliki kereta baru Ekonomi Stainless Steel New Generation dengan konsep desain interior dan furniture lebih mewah ini diyakini KAI akan membuat perjalanan KA Majapahit pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 akan menjadi lebih nyaman.

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience, kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, Kamis 21 Maret 2024.

Keunggulan fasilitas KA Majapahit yang memakai rangkaian Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation antara lain:

- Sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, diganti menjadi berkapasitas 72 tempat duduk dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan.

- Jumlah tempat duduk yang hanya 72 kursi membuat leg room menjadi lebih luas.

- Jenis kursi yang digunakan adalah tipe captain seat akan membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar, serta bisa diatur kemiringannya (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

- Pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis sehingga pelanggan makin mudah saat membuka dan menutup pintu, serta suara aktivitas buka-tutup pintu lebih senyap.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x