Jadi Jalan Alternatif, 2 Tol Baru di Jabar dan Jateng Dibuka Gratis Sesuai Jadwal Masa Mudik-Balik 2024

- 21 Maret 2024, 21:30 WIB
Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta
Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta /

PRFMNEWS - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan secara fungsional dua ruas jalan tol baru masing-masing satu di wilayah Jawa Barat (Jabar) dan satu lagi di Jawa Tengah (Jateng) guna mendukung kelancaran lalu lintas periode arus mudik dan arus balik libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan dan Jalan Tol Solo-Jogja (Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo) menjadi jalan alternatif yang akan dibuka fungsional tanpa dikenakan biaya alias gratis sesuai jadwal guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas (lalin) pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Ruas jalan tol baru bagian dari proyek Jalan Tol Japek 2 Selatan yang bakal dibuka gratis sebagai jalan alternatif rute Bandung-Jakarta pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024 adalah dari Simpang Susun (SS) Sadang, Purwakarta hingga Kutanegara, Karawang, Jabar, sepanjang 8,5 km.

Sedangkan ruas jalan tol baru bagian Jalan Tol Solo-Jogja yang akan beroperasi fungsional guna mengantisipasi kemacetan pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2024 yakni Segmen Colomadu, Karanganyar hingga Ngawen, Klaten, Jateng, sepanjang 22,3 km.

Jadwal buka tutup Jalan Tol Japek II Selatan ruas Sadang-Kutanegara akan dilakukan secara situasional sesuai diskresi kepolisian untuk mendukung kelancaran lalin dari arah Bandung dan sekitarnya menuju Jabotabek namun khusus kendaraan golongan I non bus.

Sedangkan jam operasional jalur alternatif Jalan Tol Solo-Jogja ruas Colomadu-Ngawen direncanakan pukul 06.00 sampai 17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024), juga khusus bagi jenis kendaraan golongan 1 non bus.

“Untuk Jalan Tol Jogja-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu hingga Ngawen sepanjang 22,3 Km dari (dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 KM). Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana di Jakarta, Kamis 21 Maret 2024.

Lisye menambahkan, Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur (2 lajur menjadi 3 lajur) di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 s.d KM 210+190 (sepanjang ±2,04 km).

“Kami juga akan mengoperasikan fungsional akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Jakarta maupun arah Bandung sesuai diskresi kepolisian,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x