Jokowi Pastikan Harga BBM Pertamina Tak Naik hingga Juni 2024, Menteri BUMN Ungkap Alasannya

- 5 Maret 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi depo pertamina.
Ilustrasi depo pertamina. /Pertamina/

PRFMNEWS – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) PT Pertamina (Persero) tidak akan naik dalam waktu dekat. Hal itu diungkap Jokowi usai rapat terbatas membahas soal BBM, Senin 4 Maret 2024.

"(Harga BBM) Tidak akan naik. BBM nanti biar Pak Menko (Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto) yang menyampaikan, atau dari Pertamina yang menyampaikan," kata Jokowi di kompleks Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta menjelang keberangkatannya ke Australia untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN-Australia.

Di tempat terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap alasan Pemerintah tidak menaikkan harga BBM pada Maret hingga Juni 2024.

Erick Thohir mengatakan bahwa Pemerintah ingin memastikan perekonomian masyarakat tetap tumbuh, sehingga diputuskanlah oleh Presiden Jokowi untuk tidak menaikkan harga BBM.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Tidak Akan Ada Kenaikan Minyakita Sampai Lebaran Nanti, Akan Tetap Rp14.000 Per Liter

"Jadi BBM kita jaga hari ini untuk memastikan ekonomi rakyat tetap tumbuh, ekonomi Indonesia tetap tumbuh, beban di rakyat hari ini harus kita jaga," ujar Erick di Jakarta, Senin 4 Maret 2024.

Keputusan Pemerintah tidak menaikkan harga BBM, lanjut dia, karena melihat kondisi rakyat yang sebelumnya mengalami kesulitan lantaran harga beras di sejumlah daerah naik.

Sehingga Pemerintah berupaya untuk terus menjaga keseimbangan agar daya beli masyarakat tetap ada di tengah situasi perekonomian yang tidak menentu.

"Kita coba jaga supaya jangan masyarakat yang terbawah terkena dampak. Nah ini yang kita coba seimbangkan dan kita yakin, kita tetap jaga inflasi, kita jaga pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x