Pemerintah Pastikan Tidak Akan Ada Kenaikan Minyakita Sampai Lebaran Nanti, Akan Tetap Rp14.000 Per Liter

- 5 Maret 2024, 05:30 WIB
Minyak goreng dengan merek Minyakita akan tetap dijual dengan HET RP14.000 sampai lebaran nanti.
Minyak goreng dengan merek Minyakita akan tetap dijual dengan HET RP14.000 sampai lebaran nanti. /Foto: ANTARA /Akbar Nugroho Gumay/tom/aa.

PRFMNEWS - Saat ini beberapa harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) mengalami kenaikan harga jelang Ramadhan dan juga lebaran idulfitri.

Seiring dengan semakin mendekatnya Ramadhan, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan tidak akan ada kenaikan harga minyak goreng dengan merek Minyakita hingga lebaran nanti.

Hal ini dipastikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim.

Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan dialog dengan para pelaku usaha maupun asosiasi pedagang untuk tetap mempertahankan harga HET Minyakita di harga Rp14.000 per liter.

Baca Juga: Indef Sebut Pasokan Beras Perlu Dijaga Antisipasi Inflasi Jelang Ramadan dan Idulfitri

“Jadi isu yang terjadi waktu itu adalah adanya isu akan kenaikan HET minyak goreng, nah itu sudah kita sampaikan bahwa untuk saat ini kebijakan (harga) minyak goreng ini tidak akan ada kenaikan harga acuan (HET), setidaknya sampai Lebaran nanti,” kata Isy usai acara Rapat Koordinasi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Puasa dan Idul Fitri di Jakarta dikutip dari ANTARA.

Seperti diketahui, Minyakita merupakan merek dagang minyak goreng yang dimiliki oleh Kemendag.

Isy menyampaikan, Kemendag juga tetap mempertahankan kebijakan pasokan dalam negeri atau yang dikenal sebagai Domestic Market Obligation (DMO) untuk minyak goreng.

Target pasokan minyak goreng dalam negeri telah ditetapkan sebesar 450 ribu ton pada 2023, meningkat dari jumlah sebelumnya yang hanya 300 ribu ton.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x