Beasiswa KIP Kuliah 2024 Dibuka, Ini Jadwal, Syarat dan Alur Cara Daftar untuk Jadi Penerima Bantuan

- 21 Februari 2024, 12:00 WIB
Cara daftar KIP Kuliah 2024 untuk mahasiswa Gap Year.
Cara daftar KIP Kuliah 2024 untuk mahasiswa Gap Year. /Tangkap layar instagram.com/@sahabat.kipkuliah

PRFMNEWS - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka pendaftaran penerima bantuan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2024 mulai tanggal 12 Februari. Proses tahapan hingga persyaratan penting diketahui sebelum melakukan pendaftaran.

Plt Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek Abdul Kahar mengatakan beasiswa KIP Kuliah Merdeka 2024 merupakan program bantuan sosial (bansos) sekaligus langkah investasi pemerintah untuk meningkatkan akses bagi mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin.

Dengan KIP Kuliah Merdeka, lanjut Abdul, mahasiswa yang memenuhi syarat dan telah menempuh tahapan pendaftaran serta dipastikan menerima bantuan berupa biaya kuliah (UKT), biaya hidup dan biaya UTBK-SNBT ini bisa melaksanakan kuliah dengan baik, lulus tepat waktu, dan mendapat prestasi, sehingga dapat bekerja dan berkarya untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Baca Juga: Terjawab Kapan THR dan Gaji ke-13 PNS 2024 Cair, Menkeu Sudah Lapor ke Jokowi

“Kepada pimpinan perguruan tinggi, ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti), kepala sekolah, guru BK se-Indonesia, mari kita dorong anak-anak kita untuk mempersiapkan dokumen dengan sebaik-baiknya sehingga memenuhi syarat dalam memenuhi bantuan pemerintah ini dalam bentuk beasiswa KIP Kuliah Merdeka,” ujar Abdul dalam keterangan tertulisnya di laman resmi Kemendikbud Ristek.

Periode jadwal pendaftaran KIP Kuliah Merdeka yaitu tanggal 12 Februari sampai dengan 31 Oktober 2024. Bagi siswa yang ingin mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah Merdeka 2024 dapat mengakses link resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Tahapan atau alur pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024:

  1. Mendaftar akun pendaftaran KIP Kuliah dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid serta email yang aktif. Pendaftaran akun dapat dilakukan oleh siswa secara mandiri bagi siswa yang akan mengikuti SNBP, SNBT maupun Seleksi Mandiri;
  2. Melengkapi seluruh berkas dengan benar dan jujur disertai bukti yang diminta;
  3. Memilih jalur masuk perguruan tinggi dan mengikuti seleksi sampai dinyatakan lulus;
  4. Mengikuti proses seleksi prioritas penerima dan dilakukan verifikasi kelayakan oleh perguruan tinggi;
  5. Diusulkan sebagai calon penerima oleh perguruan tinggi dan ditetapkan oleh Puslapdik sebagai penerima KIP Kuliah;
  6. Kuliah dengan prestasi terbaik dan lulus tepat waktu.

Calon pendaftar beasiswa KIP Kuliah Merdeka 2024 dipastikan telah memenuhi syarat utama berikut ini:

  1. Lulusan SMA/sederajat tahun 2024, 2023, 2022;
  2. Diterima di perguruan tinggi terakreditasi pada program studi (prodi) terakreditasi melalui semua jalur masuk perguruan tinggi baik Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Teks (SNBT), atau Seleksi Mandiri.

Baca Juga: Ahli Waris Penyelenggara Pemilu di Kabupaten Bandung yang Gugur Dapat Santunan Rp42 Juta

Selain itu, perlu diperhatikan pula syarat ekonomi calon pendaftar beasiswa KIP Kuliah Merdeka 2024, yakni:

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x