Selain Pulau Jawa, Beberapa Daerah di Indonesia Ini Berpotensi Terjadi Tsunami

- 25 September 2020, 20:52 WIB
ILUSTRASI tsunami.*
ILUSTRASI tsunami.* /STEFAN KELLER/PIXABAY/


PRFMNEWS - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, wilayah geografis Indonesia yang memiliki banyak daerah pertemuan lempeng, membuat potensi tsunami dapat saja terjadi di banyak tempat.

Potensi tsunami itu dapat terjadi di sepanjang daerah pertemuan lempeng tektonik, mulai dari Laut Andaman di bagian Tenggara Pulau Sumatera, di Simeulue, Nias, Mentawai, Enggano hingga ke bagian selatan Jawa sampai ke Nusa Tenggara.

"Jadi ancaman tsunami tidak hanya di selatan Jawa. Di sepanjang jalur pertemuan lempeng, di mana itu ada sumber gempa dan itu di laut sumber gempanya dengan magnitude besar, ya itu bisa berpotensi tsunami," ujarnya, Jum'at 25 September 2020.

 

Baca Juga: Ada Pergerakan Lempeng Aktif, BMKG Minta Wilayah Selatan Pulau Jawa Waspadai Tsunami

Dikutip prfmnews.id dari ANTARA, menurut Triyono gempa-gempa besar yang dapat menimbulkan tsunami itu memiliki periode kejadian hingga ratusan tahun dan potensi terulangnya bisa sangat besar dalam kurun waktu yang lama.

"Tergantung perulangan sebelumnya, tahun berapa pernah terjadi dan kapan akan terjadi berikutnya," jelasnya.

Baca Juga: Tak Perlu Cari Kemana-mana, Ingin Tahu Dapat BLT Rp2,4 UMKM Atau Tidak Cukup Tunggu SMS

Sementara itu terkait adanya potensi tsunami mencapai 20 meter di wilayah selatan Pulau Jawa, dia menerangkan, hal itu disebabkan adanya pergerakan lempeng tektonik cukup aktif di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x