Jokowi Pastikan Harga Beras Akan Turun dalam 2 Minggu Kedepan

- 16 Februari 2024, 11:00 WIB
Presiden Jokowi menepis anggapan bahwa kenaikan harga beras dipicu oleh pemberian bantuan pangan dari pemerintah
Presiden Jokowi menepis anggapan bahwa kenaikan harga beras dipicu oleh pemberian bantuan pangan dari pemerintah /instagram.com/@perum.bulog

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun langsung memeriksa ketersediaan beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta, pada, Kamis, 15 Februari 2024.

Jokowi mengatakan, stok beras saat ini aman, bahkan melimpah. Dia pun optimistis harga beras akan segera turun. Sementara, harga beras premium terpantau masih terus menanjak dan cetak rekor baru.

Ia meyakini harga beras akan sedikit turun dalam waktu satu hingga dua minggu kedepan. Hal ini disebabkan oleh harapannya bahwa pasokan beras akan bertambah ketika hasil panen masuk ke pasaran.

Baca Juga: Stok Beras Masih Aman, Pemkab Bandung Siapkan Langkah Atasi Kenaikan Harga Beras

“Nanti dilihat, saya kira dalam seminggu-dua minggu ini saya kira akan sedikit turun. Sambil menunggu panen, kalau panen rayanya datang lagi,” kata Jokowi.

Jokowi berkeyakinan harga beras akan berangsur turun juga berkaca dari hasil pengecekan, di mana stok beras sudah melimpah di Pasar Induk Beras Cipinang yang menjadi sumber utama distribusi.

Dari pasar induk tersebut, beras akan didistribusikan ke berbagai tempat, termasuk ritel-ritel, pasar tradisional, toko-toko, dan juga ke daerah-daerah yang membutuhkan.

“Ini hari ini kan sudah kita kita cek tadi sudah melimpah, ini tinggal distribusikan ke ritel, ke pasar-pasar yang ada di daerah semuanya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyebut bahwa harga beras yang berada di atas harga normal saat ini disebabkan oleh belum masuknya hasil panen. Selain itu, jalur distribusinya juga terganggu oleh banjir di sejumlah daerah seperti di Demak dan Grobogan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x