BMKG Sebut Ada Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Nataru

- 20 Desember 2023, 12:20 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem.
Ilustrasi cuaca ekstrem. /PRFM

PRFMNEWS - Jelang masa libur natal dan tahun (nataru) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan adanya potensi cuaca ekstrem.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, masyarakat harus mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang bisa terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

"Waspadai untuk wilayah Indonesia bagian selatan, termasuk Jawa dan Sumatera bagian selatan itu, setelah Natal hingga sampai setelah tahun baru, awal bulan. Itu potensi hujan lebat bisa sampai ekstrem dapat disertai angin kencang," ujarnya di Jakarta, Rabu, 20 Desember 2023 dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Selain Jabar, Cuaca Panas Gerah Saat Musim Hujan Diprediksi Terjadi di Daerah Lain, Kapan Berakhir?

Dalam rapat koordinasi dengan Kemenhub dan KNKT, Dwikorita mengatakan cuaca ekstrem tersebut merupakan dinamika atmosfer akibat posisi Indonesia yang diapit dua benua dan dua samudera.

Ia menambahkan potensi cuaca ekstrem juga perlu diperhatikan sebelum perayaan Natal, terutama di wilayah utara Indonesia, yang berbatasan dengan daerah khatulistiwa.

"Namun, sebelum Natal, perlu kewaspadaan di wilayah Indonesia bagian utara, terutama di Utara khatulistiwa, Sumatera Utara, Aceh, dan Kalimantan," tambahnya.

Tak hanya mewaspadai cuaca ekstrem, Dwikorita juga sebut masyarakat utamanya yang berada di kawasan pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi di Samudera Hindia, Pasifik, dan Selat Sunda.

Baca Juga: Daftar Sanksi Bagi ASN yang Terbukti Tidak Netral di Pemilu 2024 Sesuai SKB Pemerintah

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x