Langkah Jokowi Terkait Nasib Pengungsi Rohingya yang Diduga Masuk Indonesia Lewat Jaringan TPPO

- 8 Desember 2023, 21:30 WIB
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan Mensesneg Pratikno memberikan keterangan pers, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (08/12/2023)
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan Mensesneg Pratikno memberikan keterangan pers, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (08/12/2023) /(Sumber: Tangkapan Layar)/

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan mengambil sejumlah langkah terkait nasib para pengungsi Rohingya yang masuk ke Indonesia dengan jumlah yang semakin banyak.

Langkah ini diambil Presiden Jokowi menyusul adanya laporan dugaan kuat tindak pidana perdagangan orang (TPPO) berkaitan semakin banyaknya pengungsi Rohingya masuk ke Indonesia, terutama ke Aceh.

“Saya memperoleh laporan mengenai pengungsi Rohingya yang semakin banyak, yang masuk ke wilayah Indonesia, terutama Provinsi Aceh. Terdapat dugaan kuat ada keterlibatan jaringan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dalam arus pengungsian ini,” ujar Presiden dalam keterangan resminya, Jumat 8 Desember 2023.

Baca Juga: Bukan karena Cidera, Ini Penyebab Dedi Kusnandar Tidak Bisa Main di Pertandingan Persib vs Persik

Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan mengambil langkah berupa memerintahkan otoritas berwenang untuk menindak tegas terhadap pelaku TPPO terkait masuknya pengungsi Rohingya.

“Pemerintah Indonesia akan menindak tegas pelaku TPPO,” tegasnya.

Lebih lanjut Kepala Negara menyatakan pemerintah akan mengambil langkah pemberian bantuan sementara bagi pengungsi Rohingya dengan tetap mengutamakan kepentingan masyarakat lokal.

Baca Juga: China Operasikan Laboratorium Bawah Tanah Terdalam dan Terbesar di Dunia

“Bantuan kemanusiaan sementara kepada pengungsi akan diberikan dengan mengutamakan kepentingan masyarakat lokal,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x