China Operasikan Laboratorium Bawah Tanah Terdalam dan Terbesar di Dunia

- 8 Desember 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi laboratorium.
Ilustrasi laboratorium. /Pixabay/Michal Jarmoluk

PRFMNEWS - Pemerintah China mulai mengoperasikan sebuah laboratorium fisika yang berada di kedalaman 2.400 meter sejak Kamis, 7 Desember 2023.

Laboratorium fisika tersebut berlokasi Provinsi Sichuan, China Barat Daya.

Laboratorium fisika ini menjadi aboratorium bawah tanah terdalam dan terbesar di dunia.

Baca Juga: Sebelum Pergantian Tahun, Pelatih Persib Bandung Bertekad Raih Kemenangan

Para ilmuwan meyakini bahwa laboratorium tersebut menyediakan ruang yang "bersih" bagi mereka untuk mencari zat tak kasatmata yang dikenal sebagai materi gelap. Mereka mengatakan bahwa kedalaman yang ekstrem membantu menghalangi sebagian besar sinar kosmis yang mengganggu pengamatan.

Deep Underground and Ultra-low Radiation Background Facility for Frontier Physics Experiments (DURF) terletak di bawah Gunung Jinping di Prefektur Otonom Etnis Yi Liangshan, Provinsi Sichuan.

DURF, dengan total kapasitas ruangan mencapai 330.000 meter kubik, merupakan fase kedua dari Laboratorium Bawah Tanah Jinping China. Laboratorium ini mulai dibangun pada Desember 2020 dan dibangun bersama oleh Universitas Tsinghua dan Yalong River Hydropower Development Company, Ltd.

Baca Juga: Gunung Merapi Semburkan Guguran Awan Panas Hari Ini, Jarak Luncur Terjauh 1.500 Meter

Berkat lokasinya tersebut, DURF terpapar sinar kosmis dalam fluks yang sangat kecil, yaitu hanya seperseratus juta dari fluks sinar kosmis yang ada di permukaan bumi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x