Erupsi Gunung Marapi, Puluhan Pendaki Terdampak dan Belum Berhasil Turun

- 4 Desember 2023, 12:30 WIB
Gunung Marapi Sumatera Barat Erupsi Hari Ini 4 Desember 2023, Tinggi Kolom Letusan 800 Meter Diatas Puncak
Gunung Marapi Sumatera Barat Erupsi Hari Ini 4 Desember 2023, Tinggi Kolom Letusan 800 Meter Diatas Puncak /magma.esdm.go.id

PRFMNEWS – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 47 pendaki terdampak erupsi Gunung Marapi, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang terjadi pada Minggu, 3 Desember 2023.

Sebanyak 28 pendaki dari total 47 orang ini dilaporkan belum berhasil turun dari Gunung Marapi sejak terjadi erupsi yang memicu sebaran hujan abu vulkanik disertai batu.

Sisanya sebanyak 19 pendaki sudah berhasil turun dari Gunung Marapi dan diselamatkan oleh tim gabungan. Data tersebut dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB.

Baca Juga: Lebih dari Rp1 Miliar, Donasi Masyarakat Maluku Utara untuk Palestina

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam bersama BPBD Kabupaten Tanah Datar hingga kini terus berkoordinasi dengan lintas instansi terkait guna memonitor perkembangan di lapangan, termasuk melakukan tindakan cepat apabila kembali terjadi aktivitas vulkanik susulan.

“BPBD Kabupaten Agam dan Tanah Datar juga terus memberikan imbauan kepada masyarakat, wisatawan dan pendaki untuk terus mengenakan masker, menyusul terjadinya abu vulkanik yang ditimbulkan atas erupsi Gunung Marapi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Agam Bambang Warsito dalam keterangan tertulis, Senin 4 Desember 2023.

Di sisi lain, khususnya bagi wisatawan maupun pendaki dilarang keras untuk melakukan aktivitas di radius 3 kilometer dari kawah utama.

Baca Juga: Doni Monardo Meninggal Dunia Rumah Sakit Siloam Semanggi

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x