Begini Kata Mendag soal Harga Cabai Meroket hingga Tembus Rp100 Ribu

- 7 November 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi cabai merah
Ilustrasi cabai merah /pixabay.com

PRFMNEWS – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan buka suara terkait harga cabai rawit merah yang naik di beberapa daerah bahkan menyentuh Rp100.000 per kilogram (kg).

Menurut Mendag Zulkifli, kenaikan harga cabai rawit merah di pasaran hingga mencapai Rp100 ribu per kg ini merupakan fenomena yang wajar terjadi pada periode waktu tertentu.

"Cabai enggak apa-apa mahal sekali-sekali," kata Menteri Zulkifli, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 6 November 2023.

Baca Juga: Kelakar Ridwan Kamil Saat Akui Dapat Tugas Khusus dari Golkar untuk Pemilu 2024

Harga jual cabai rawit di pasaran yang naik beberapa kali dalam setahun, imbuh Zulkifli, tidak masalah terjadi karena kondisi ini akan membantu petani agar tidak terlalu merugi.

Sebab menurutnya, ketika petani cabai merugi akan memungkinkan mereka menjual tanah atau lahan pertanian untuk tetap bertahan.

"Dalam setahun beberapa kali naik enggak apa-apa, karena kalau murah sekali juga mereka akan jual tanahnya," tutur dia.

Zulkifli mencontohkan harga komoditas hasil pertanian lain seperti bawang merah yang beberapa waktu lalu sempat terjun bebas hingga Rp16 ribu per kg membuat sebagian petani kesulitan membayar utang di bank, bahkan terpaksa menjual tanah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x