Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalin di Simpang Susun Sadang Ruas Tol Cipularang, Ada Apa?

- 9 September 2020, 11:18 WIB
Jasa Marga menyiapkan rekayasa lalu lintas yang dilakukan di sekitar Gerbang Tol (GT) Sadang.
Jasa Marga menyiapkan rekayasa lalu lintas yang dilakukan di sekitar Gerbang Tol (GT) Sadang. /Dok Jasa Marga

PRFMNEWS – Jasa Marga Metropolitan Tollroad Regional Division yang mengelola Ruas Tol Cipularang, bersama dengan PT Jasa Marga Japek Selatan (JJS), telah melakukan mitigasi risiko terhadap rencana pemasangan gelegar jembatan (erection girder) proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II yang akan dilakukan pada Minggu ketiga bulan September 2020.

Pemasangan gelegar jembatan ini berlokasi pada Paket 3 Ruas Taman Mekar-Sadang Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, atau tepatnya diatas Km 76 Jalan Tol Cipularang.

Berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Jasa Marga menyiapkan rekayasa lalu lintas yang dilakukan di sekitar Gerbang Tol (GT) Sadang.

Baca Juga: Bagaimana Prakiraaan Cuaca Bandung Raya dan Jawa Barat Hari Ini? Simak Penjelasan BMKG

Rekayasa lalu lintas itu berupa membuat detour (peralihan jalur) sebagai pengganti jalur yang akan ditutup sementara selama proses pemasangan gelegar jembatan di Ramp 4 (±Km 76+200) dan Ramp 7 (± Km 75+800).

Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Proyek Paket 3 Ruas Taman Mekar-Sadang pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Sudjianto.

“Pembuatan detour merupakan upaya dari PT JJS dan Jasa Marga, untuk mengganti jalur yang terpakai pada saat erection girder sehingga diharapkan tidak terjadi kepadatan atau antrean di gerbang tol. Disamping itu, struktur detour juga telah dibuat dengan perkerasan beton yang memiliki lebar 9 m, dengan ketebalan jalan 25 cm, agar aman untuk dilalui oleh semua jenis kendaraan,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima prfmnews.id, Rabu 9 September 2020.

Baca Juga: Tisna Umaran Lakukan Sidak Protokol Kesehatan di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung

Guna memastikan tidak terganggunya operasional Jalan Tol Cipularang, pemasangan gelagar jembatan dilakukan secara bertahap.

Pemasangan gelegar pada Ramp 7 akan dilakukan terlebih dahulu, dengan melakukan rekayasa lalu lintas akan berlangsung pada Selasa 15 September pukul 01:00 s/d 04:00 WIB, dan Rabu 16 September pukul 01:00 s/d pukul 04:00 WIB.

Sementara itu, pemasangan gelegar jembatan di Ramp 4 akan berlangsung pada hari Selasa 22 September pukul 01:00 s/d pukul 04:00 WIB, dan Rabu 23 September pukul 01:00 s/d pukul 04:00 WIB.

Dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan, di sekitar lokasi pekerjaan akan dipasang rambu-rambu sesuai standar, seperti rambu prisma, rambu petunjuk jurusan kendaraan, dan flip flop yang dipasang di bawah rambu petunjuk jurusan.

Baca Juga: Yana Minta Saat Drive In Cinema Berlangsung, Mesin Mobil Penonton Dimatikan

Selain itu, PT JJS juga akan menambah lampu penerangan, memasang pagar pengaman proyek serta menempatkan petugas pengaturan lalulintas di sekitar lokasi pekerjaan.

PT JJS juga melakukan sosialisasi pelaksanaan pekerjaan dimaksud melalui pemasangan spanduk, penyebaran brosur, leaflet serta memanfaatkan penyampaian informasi melalui Variable Message Sign (VMS), untuk memastikan pengguna jalan mendapatkan informasi dengan baik.

Jasa Marga dan PT JJS memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya. Informasi lalin di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Jasa Marga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x