Luhut Curhat Proyek Kereta Cepat Whoosh Sempat Terancam Mandek Karena Sejumlah Masalah

- 2 Oktober 2023, 15:30 WIB
Kereta cepat Jakarta Bandung Whoosh.
Kereta cepat Jakarta Bandung Whoosh. /Dedy Mullyana/prfmnews

PRFMNEWS – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan momen peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bernama Whoosh, Senin 2 Oktober 2023, merupakan catatan bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Menko Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bangsa Indonesia telah berhasil menyelesaikan proyek perkeretaapian modern Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh di tengah berbagai masalah yang telah dilalui selama proses pembangunan.

Bahkan Menteri Luhut menyatakan sejumlah masalah dan kendala yang terjadi selama proses pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh sempat mengundang rasa pesimis sejumlah pihak bahwa proyek kereta api cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini akan bisa dirampungkan.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Operasional Whoosh, Kereta Cepat Jakarta-Bandung

“Bapak Presiden tentu tidak heran banyak pihak yang pesimis proyek ini akan bisa diselesaikan. Tapi saya ingin melaporkan ke Bapak Presiden, Bapak memberikan semangat kepada kami untuk menyelesaikan kereta api ini. Pada hari bersejarah ini kita dapat membuktikan bahwa proyek ini dapat diselesaikan dan dapat dioperasikan,” ujar Luhut di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Senin 2 Oktober 2023.

Luhut merincikan masalah utama yang disebutnya sebagai tantangan selama proses pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh antara lain terkait pembebasan lahan, koordinasi lintas kepentingan yang belum baik, hingga masalah pendanaan yang sulit di saat pandemi Covid-19.

"Terus terang sejak kami menerima penugasan dari Bapak Presiden, untuk melanjutkan pembangunan proyek kereta api cepat pada akhir 2019, ada banyak masalah dan kendala yang kami temukan," tutur dia.

Baca Juga: Luhut: KA Cepat WHOOSH Gratis Sampai Pertengahan Oktober 2023

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x