Luhut: KA Cepat WHOOSH Gratis Sampai Pertengahan Oktober 2023

- 2 Oktober 2023, 11:15 WIB
Warga berfoto di depan kereta cepat setibanya di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Sabtu (16/9/2023)
Warga berfoto di depan kereta cepat setibanya di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Sabtu (16/9/2023) /ANTARA/Raisan Al Farisi/

PRFMNEWS - Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) atau WHOOSH akhirnya diresmikan hari ini Senin, 2 Oktober 2023. Peresmian dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran menteri kabinetnya.

Perjalanan menggunakan Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Kereta Cepat WHOOSH Indonesia akan digratiskan hingga pertengahan Oktober.

“Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba KCJB, maka kami sepakat hingga pertengahan Oktober, pengoperasian KCJB tetap tidak dikenakan biaya atau gratis,” tegasnya.

Baca Juga: Izin Operasi Terbit, Kereta Cepat Whoosh Siap Diresmikan untuk Layani Penumpang Komersil Bertarif Diskon

Bagaimanapun, Luhut tidak menampik pada awalnya banyak kalangan yang pesimis atas proyek kereta cepat kerja sama RI-China tersebut bisa diselesaikan.

“Terus terang sejak kami menerima penugasan dari Bapak Presiden untuk melanjutkan proyek KCJB pada akhir 2019, ada banyak masalah dan kendala yang kami temukan. Mulai dari masalah klasik mengenai izin lahan, koordinasi yang belum baik, dan kesulitan pendanaan akibat Covid-19. Tentu tidak mengherankan, banyak pihak yang pesimistis proyek ini bisa diselesaikan,” katanya.

Akan tetapi, dia memastikan kali ini proyek KCJB benar-benar rampung dan siap dioperasikan, berkat kerja sama pemerintah pusat dan daerah, badan usaha milik negara (BUMN), masyarakat, pihak swasta, maupun Pemerintah China.

Baca Juga: Diresmikan 1 Oktober, Tarif Tiket Kereta Cepat Whoosh Akan Diberi Diskon oleh Jokowi

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x