Gunung Gede Pangrango Diselimuti Es, Balai Besar TNGGP Tutup Sementara Aktivitas Pendakian

- 5 Agustus 2023, 10:30 WIB
Pemandangan Gunung Gede di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango terlihat dari Jalan Raya Cipanas-Cianjur, Jawa Barat.
Pemandangan Gunung Gede di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango terlihat dari Jalan Raya Cipanas-Cianjur, Jawa Barat. //ANTARA/Ahmad Fikri

PRFMNEWS - Pendakian Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), yang berada di antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi akan tutup sementara.

Kepala BBTN Gunung Gede Pangrango, Sapto Aji Prabowo melalui surat edaran yang diterima di Jakarta, Jumat, 4 Agustus 2023, mengatakan alasan penutupan pendakian akibat kondisi cuaca buruk di gunung tersebut.

“Kegiatan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditutup sementara untuk umum mulai tanggal 13 sampai 18 Agustus 2023,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Jabar Dapat Kado Ruas Tol Baru di HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia 2023

Selama beberapa hari terakhir, es menyelimuti puncak Gunung Gede Pangrango. Fenomena itu akibat penurunan suhu udara secara drastis saat musim kemarau, sehingga membekukan embun dan air.

“Pengumuman ini untuk menjadi perhatian bagi calon pendaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango,” kata Sapto.

TNGGP melaporkan suhu udara di puncak Gunung Gede Pangrango mengalami penurunan hingga ke titik beku. Suhu udara yang turun drastis tersebut dapat membuat pendaki rentan mengalami hipotermia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Blak-blakan soal Agenda Setelah Dirinya Lengser Sebagai Gubernur Jabar

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x