PUPR Targetkan Proyek Jalur Pansela di Yogyakarta Penghubung Jabar-Jatim Rampung 2024

- 20 Juli 2023, 18:20 WIB
Jalur Pansela (Pantai Selatan) penghubung wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur
Jalur Pansela (Pantai Selatan) penghubung wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur /Dok Kementerian PUPR

PRFMNEWS - Kementerian PUPR melalui BBPJN Jawa Tengah–Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ditjen Bina Marga terus melanjutkan penyelesaian Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS)/ Pansela (Pantai Selatan) yang melintasi wilayah Provinsi DIY.

Kementerian PUPR menargetkan pengerjaan proyek Jalur Pansela lintas Daerah Istimewa Yogyakarta ini dapat selesai dibangun pada tahun 2024 mendatang.

Pemanfaatan Jalur Pansela yang sedang dibangun melintasi DIY ini diharapkan dapat menjadi jalan alternatif yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Timur.

Baca Juga: Ada Tol Cisumdawu, Ridwan Kamil Yakin Cirebon akan Jadi Pusat Perekonomian Baru di Jabar

Sehingga beban lalu lintas dapat terbagi dan tidak menumpuk di jalan tol atau Lintas Pantura (Pantai Utara) dan Lintas Tengah Jawa.

“Untuk tahun ini, ada satu paket pembangunan yang sedang berjalan (ongoing), yaitu pembangunan Jalan Tepus – Jerukwudel II sepanjang 10,925 km. Harapannya pada akhir tahun ini dapat diselesaikan,” ujar Asisten Pelaksana Pelaksanaan Jalan Nasional DIY BBPJN Jateng–DIY Wahyu Widiantoro, Rabu 19 Juli 2023.

Wahyu menjelaskan, saat ini progress fisik pembangunan Jalan Tepus – Jerukwudel II telah mencapai 70,75% dengan total nilai kontrak sebesar Rp 269,45 miliar.

Baca Juga: Kronologis Pencurian Rel Kereta Api di Garut hingga Penangkapan Pelaku oleh Polisi

Sementara pada tahun anggaran 2023-2024, terdapat dua paket pekerjaan yang saat ini masih dalam proses persiapan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah