KCIC Mulai Uji Coba Kereta Penumpang KCJB Red Komodo

- 5 Juli 2023, 07:30 WIB
Kereta Penumpang KA Cepat yang dinamai Red Komodo.
Kereta Penumpang KA Cepat yang dinamai Red Komodo. /KCIC/

PRFMNEWS - Selama ini, kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang diujicobakan hingga mencapai kecepatan 350 km/jam adalah Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi yang berwarna abu-abu dan kuning.

Kini, KCIC mulai melakukan uji coba pada rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Penumpang KCJB yang berwarna merah yang dinamai Red Komodo.

Rangkaian Kereta Penumpang KA Cepat memiliki tipe KCIC400AF yang sama dengan kereta inspeksi namun berbeda fungsi, interior, dan eksteriornya.

Baca Juga: Uji Coba KCJB Terbaru, Kereta Cepat Penumpang dan Inspeksi Digandengkan, Bekasi-Tegalluar 40 Menit

Jika pada kereta inspeksi dipenuhi ruang rapat dan peralatan pengukuran, maka pada kereta penumpang berfungsi untuk melayani penumpang sehingga di dalamnya terdapat fasilitas tempat duduk hingga 601 penumpang.

Eksterior Kereta Penumpang juga terinspirasi dari sisik Komodo yang tercermin dalam corak segitiga di hidung dan pintu-pintu kereta.

Terdapat 11 rangkaian kereta penumpang KA cepat yang telah tiba seluruhnya di Indonesia. Seluruh rangkaian kereta saat ini terparkir di Depo Tegalluar dan bersiap untuk disertifikasi oleh Kementerian Perhubungan guna memastikan kelayakan operasional kereta.

Baca Juga: Luhut Sebut Kereta Cepat Jakarta Bandung Ditargetkan Diresmikan Presiden Jokowi pada 18 Agustus 2023

 

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah