KCIC Lakukan Uji Coba Perjalanan KCJB Secara Gandengan

- 27 Juni 2023, 13:30 WIB
Uji coba KCJB secara gandengan Minggu, 25 Juni 2023.
Uji coba KCJB secara gandengan Minggu, 25 Juni 2023. /KCIC/

PRFMNEWS - Uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) terus dilakukan. Pada Minggu, 25 Juni 2023 kemarin, KCIC melakukan uji coba KCJB secara gandengan antara Rangkaian Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi dan Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Penumpang.

Uji coba menggandengkan dua kereta ini dilakukan KCIC sebagai upaya untuk memastikan bahwa prasarana KCJB mulai dari jalur rel, persinyalan, kelistrikan, dan komunikasi mampu melayani dua rangkaian kereta cepat sekaligus.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, menggandengkan 2 kereta sangat mungkin dilakukan pihaknya jika terjadi lonjakan penumpang nantinya.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Bisa Dipacu 350 km/jam, KCIC: Persiapan KCJB Sudah di Jalur Tepat

“Pada momen-momen tertentu rangkaian KCJB dapat digabungkan untuk meningkatkan kapasitas angkut. Utamanya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada high season seperti mudik, nataru, libur panjang, dan lainnya,” ujar Emir.

Adapun pada satu rangkaian KCJB terdiri dari 8 kereta penumpang dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 601 kursi, dengan penggandengan dua rangkaian KCJB maka total panjang rangkaiannya menjadi 16 kereta sehingga jumlah tempat duduk yang tersedia menjadi 1.202 tempat duduk.

Emir menambahkan bahwa berdasarkan data, pengujian kali ini berjalan lancar dengan waktu tempuh dari Bekasi menuju Tegalluar ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit.

Baca Juga: Sesuai Arahan Jokowi, Warga Sekitar Proyek Kereta Cepat akan Diajak Naik KCJB

“KCIC bersama kontraktor akan terus melakukan pengujian untuk berbagai kondisi dalam rangka mempersiapkan pengoperasian KCJB. Paralel, KCIC bersama Kemenhub juga tengah mempersiapkan izin operasi KCJB guna memberikan layanan yang aman dan nyaman,” tutup Emir.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah